androidvodic.com

Profil Sebby Sambom, Jubir TNPB OPM yang Sebut KKB Papua Sandera Pilot Pesawat Susi Air - News

News - Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TNPB-OPM) Sebby Sambom, mengatakan soal keberadaan Pilot Pesawat Susi Air, Philip Marthen (37).

Dikatakannya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua saat ini tengah menyandera Philip Marthen.

Philip Marthen disandera seusai Pesawat Susi Air dibakar.

Lantas siapakah sosok Sebby Sambom?

Diketahui Sebby Sambom disebut aktivis gerakan Papua Merdeka.

Bersama rekannya yang lain Sebby Sembom bersama Benny Wenda, Viktor Yemu, dan Jefri Pagawak bertugas melakukan diplomasi Papua Merdeka ke luar negeri.

Baca juga: Nasib Pilot Susi Air Disebut Disandera KKB Papua, Dianggap Bukan Musuh hingga akan Dijaga

Sebby Sambom, mengatakan ia tak pernah berhenti sesaat pun untuk membangun jaringan internasional.

Dikutip dari Wikipedia, pria kelahiran 3 Januari 1975 ini pernah ditahan pada tanggal 16 Agustus 2008 sehubungan dengan perencanaan atau pidato dalam aksi damai mendukung peluncuran Parlemen Internasional untuk Papua Barat.

Pada tanggal 16 Oktober 2008, Sambom pernah ikut ambil bagian dalam aksi damai mendukung peluncuran Parlemen Internasional untuk Papua Barat (IPWP) di London.

Setelah demonstrasi berlangsung, ketua umum komite perencanaan acara tersebut, Buchtar Tabuni, ditangkap.

Sambom lalu meminta pembebasan Tabuni pada konferensi pers yang diadakan di Taman Makam Theys Eluay, Sentani, Jayapura hingga berujung penahanannya.

Dia didakwa atas tuduhan makar (Pasal 106 KUHP), konspirasi (Pasal 110 KUHP), dan menghasut publik untuk bertindak menggunakan kekerasan terhadap aparat keamanan (Pasal 160 KUHP).

Sebut TPNPB-OPM Melemah

Kolase Tribunnews: ilustrasi Sosok Philips Marthen, Pilot Pesawat Susi Air diisebut disandera oleh teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB (kiri) Jubir Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom (kanan)
Kolase Tribunnews: ilustrasi Sosok Philips Marthen, Pilot Pesawat Susi Air diisebut disandera oleh teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB (kiri) Jubir Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom (kanan) ((News/istimewa))

Saat ini, kata Sebby Sambom, TPNPB-OPM sesungguhnya semakin lemah, melansir Surya.co.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat