androidvodic.com

Pusaran Angin Kencang Mirip Tornado Hebohkan Warga Desa Karangpawitan Kawali Ciamis - News

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

News, CIAMIS - Warga Desa Karangpawitan Kawali Ciamis, Jawa Barat,  Selasa (7/2/2023) pukul 16.30 sore dihebohkan kemunculan pusaran angin kencang mirip tornado

Bayu (30), pekerja bengkel Ikhtiar di Dusun Karangmulya Rt 04 RW 02 Desa Karangpawitan mengatakan, kejadian itu berlangsung sekitar 5 sampai 8 menit.

“Waktu itu cuaca masih terang, tiba-tiba muncul hjan gerimis disertai angin kencang.

Anginnya berputar-putar, dari atas ke bawah seperti gasing,” ujar kepada Tribun Rabu (8/2).

Saat kejadian Bayu bersama dua rekannya sedang memperbaiki mobil di bengkel yang berada di sisin jalan raya Ciamis-Kawali tersebut.

Baca juga: Cuaca Besok - BMKG: Hujan dan Angin Kencang Landa 30 Wilayah, Kamis 9 Februari 2023

“Arah angin yang berputar-putar tersebut seperti dari rah tower (BTS) itu,” katanya sembari menunjuk tower BTS (operator seluler) yang berada agak jauh di seberang jalan raya Ciamis-Kawali itu.

Angin kencang berputar-putar di atas jalan menderu ke arah bengkel sehingga 20 lembar atap asbes bengkel terpang diterjang angin.

Antena parabola yang berada di belakang bengkel patah.

Pohon durian yang tumbuh di halaman rumah Pak Kuwu, patah rumbang menipa bagian atap bengkel.

“Kami bertiga menghindar masuk ke dalam bengkel.

Kondisi memang mencekam. Banyak yang takbir. Setelah sekitar 5 menit angin tornado berputar-putar itu berhenti. Banyak pohon yang tumbang, atap yang rusak,” ujar Bayu.

Kades Karangpawitan, Didi Sarwo Edi. Saat kejadian Selasa (7/2) sore itu menurut Kuwu Didi ia sedang berada di rumahnya di sisi jalan raya Ciamis-Kawali di samping bengkel “Ikhtiar” tersebut.

“Cuacanya sebenarnya masih terang, tapi tiba-tiba muncul angin kencang berputar-putar dengan suara gemuruh disertai hujan kecil gerimis. Ada sekitar 8 menit lamanya angin berputar-putar dengan suara suara gemuruh,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat