androidvodic.com

Diguyur Hujan Abu Vulkanik, Warga Siau Sitaro Sulut Tunda Aktivitas di Luar Rumah - News

News, MANADO - Hujan abu vulkanik mengguyur wilayah Pulau Siau, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (8/2/2023) sore seiring dengan meningkatnya aktivitas Gunung Api Karangetang.

Seperti diketahui aktivitas guguran lava pada Gunung Api Karangetang meningkat sejak dua hari terakhir ini.

Akibat hujan abu vulkanik ini, sejumlah warga sekitar terpaksa menunda aktivitas mereka di luar rumah.

Pantauan Tribunmanado.co.id, di beberapa titik di wilayah Kota Ulu, abu vulkanik mulai memenuhi badan jalan hingga apapun yang berada di luar rumah.

Baca juga: Guguran Lava Gunung Api Karangetang Terlihat di 4 Kecamatan, Dari Siau Timur hingga Siau Barat Utara

Bahkan warga yang beraktivitas di luar rumah terpaksa harus menggenakan pelindung tubuh, termasuk masker guna menutupi bagian hidung dan mulut.

"Hujan abu sudah terjadi dari tadi sore, apalagi di wilayah Siau Timur ini. Abunya tebal sekali," kata Adrian Maku, warga Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur.

"Kami terpaksa menunda aktivitas di luar rumah karena abu gunung ini sangat tebal," sambung Adrian.

Kondisi ini diperkirakan akan terus berlangsung mengingat aktivitas Gunung Api Karangetang hingga kini masih terbilang tinggi.

Gunung Api Karangetang Siaga

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menaikkan tingkat aktivitas dari Level II Waspada menjadi Level III Siaga.

Hal itu sebagaimana surat Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 4.Lap/GL.03/BGL/2023.

Dimana dari serangkaian penjelasan surat tersebut tercatat beberapa kesimpulan dan rekomendasi termasuk peningkatan aktivitas Gunung Karangetang dari Level II Waspada ke Level III Siaga.

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang dinaikan dari Level II Waspada ke Level III Siaga mulai pukul 17.00 Wita atau jam lima sore tadi," kata Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia Tatipang.

Baca juga: Aktivitas Gunung Karangetang Sitaro Naik Level III Siaga, Sudah Terjadi 62 Kali Guguran Lava

Sementara itu, peningkatan guguran lava Gunung Karangetang terlihat jelas secara visual pada malam ini di beberapa kecamatan, seperti wilayah Siau Timur, Siau Tengah, Siau Barat dan Siau Barat Utara.

Longsoran lava disertai kepulan asap tebal nampak terlihat dari arah puncak Gunung Api Karangetang.

Warga pun berbondong-bondong keluar rumah untuk melihat langsung pemandangan tersebut sekaligus mengabadikannya menggunakan kamera handphone. (HER)

Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id dengan judul Siau Sitaro Sulawesi Utara Diguyur Hujan Abu Vulkanik, Aktivitas Gunung Api Karangetang Meningkat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat