androidvodic.com

Tujuh Lokasi Ini Jadi Titik Pengungsian Warga Kota Jayapura, Pengungsi Butuh Tenda - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

News,  JAYAPURA -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mencatat 500 KK pengungsi tersebut tersebar di beberapa titik lokasi usai gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Kamis (9/2/2023).

Warga mengungsi di CV Thomas, Entrop, Bank BTN, Gereja Kristus Raja Dok V, Bhayangkara I, Kompleks Angkatan Laut, dan B-One.

Kepala BPBD Provinsi Papua, Willem Manderi mengatakan, saat ini para pengungsi tersebut sedang membutuhkan tenda.

"Tentunya kebutuhan-kebutuhan tenda dan lain-lain ini yang nanti akan disiapkan baik dari Pemerintah Provinsi maupun Kota Jayapura," kata Willem Manderi, Kamis (9/2/2023) malam.

Willem Manderi menambahkan, sampai sekarang pihak BPBD Provinsi Papua masih terus melakukan pendataan terkait dampak dari gempa bumi ini.

Baca juga: Dampak Gempa M 5,4 Jayapura, BNPB: 700 Orang Mengungsi, 5 Luka, 4 Meninggal Dunia

"Mudah-mudahan teman-teman tim kaji kerusakan sudah turun ke lapangan untuk melihat kerusakan-kerusakan seperti apa agar kita taksir kerugiannya," imbuhnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kementerian Sosial, Benhur Tomi Mano, mengaku pemerintah juga telah merespons atas peristiwa gempa bumi yang terjadi ini.

Benhur Tomi Mano menerangkan, pihak Kementerian Sosial juga sudah mendirikan tenda-tenda darurat di beberapa titik lokasi.

Pengungsi yang berada di Kantor Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.
Pengungsi yang berada di Kantor Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua. (Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina)

"Selain tenda kita juga akan bantu makanan siap saji ke tenda-tenda tersebut, itu yang akan kami lakukan," ujar Benhur Tomi Mano.

Pria yang akrab disapa BTM itu menjelaskan, pihak Kementerian Sosial juga sudah menyiapkan beberapa relawan yang bakal ditempatkan di posko pengungsian.

"Ya, kami punya tenaga relawan yang sudah kami siapkan," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul BPBD Provinsi Papua: 500 KK di Kota Jayapura Mengungsi Akibat Gempa Bumi 5.2 Magnitudo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat