androidvodic.com

Bertahan 2 Hari, Kapolda Jambi dalam Keadaan Sehat dan Sadar, tapi Alami Patah Tangan Kanan - News

News - Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menyebut kondisi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono dalam keadaan sehat dan sadar meski telah bertahan dalam hutan di Bukit Tamia, Kabupaten Kerinci sejak Minggu (19/2/2023) lantaran helikopter yang ditumpangi bersama rombongan melakukan pendaratan darurat.

Mulia menyebut kondisi Rusdi diketahui dalam kondisi baik berdasarkan informasi yang disampaikan oleh tim evakuasi jalur darat.

"Kondisi Pak Kapolda, tadi pagi sempat ada komunikasi dengan tim darat yang disana, menyampaikan kepada kami. Kondisi Bapak Kapolda beserta rombongan sehat dan sadar serta dapat berkomunikasi," ujarnya dalam konferensi pers di Bandara Sultan Thaha yang ditayangkan di YouTube Kompas TV.

Kendati demikian, Mulia menyebut kondisi Rusdi Hartono mengalami patah lengan kanan yang diketahui melalui informasi dari Direskrimum Polda Jambi, Kombes Andri Ananta yang ikut dalam rombongan tersebut.

"Untuk yang lain-lainnya luka-luka. Di sana kan ada tim kedokteran kepolisian dari Dokkes, kami minta detail dulu, persisnya seperti apa," ujarnya.

Usai berhasil dievakuasi, Mulia mengungkapkan para korban akan dibawa dan ditangani di Rumah Sakit Bhayangkara Jambi.

Baca juga: Logistik Kembali Dikirimkan untuk Kapolda Jambi dan Rombongan hingga Rencana Evakuasi

Lebih lanjut, Mulia mengungkapkan bahwa upaya evakuasi terhadap Kapolda Jambi kembali dilakukan pagi tadi oleh tim yang menggunakan helikopter dari Baharkam Polri.

Namun, evakuasi tertunda lantaran cuaca yang berkabut sehingga tim kembali lagi ke Posko Merangin untuk mengisi bahan bakar.

"Kemudian, (tim) kembali ke titik lokasi dengan membawa peralatan voice tersebut. Namun sampai sekarang belum bisa menembus, menurunkan peralatan tersebut ke lokasi karena cuaca tidak memungkinkan dan sekarang masih di sekitar lokasi untuk melihat peluang."

"Jika kabut menipis, langsung menurunkan personel dan peralatannya," kata Mulia.

Baca juga: Hari Ini, 6 Helikopter Difokuskan Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

Seperti diketahui, rombongan Kapolda Jambi dijadwalkan akan menghadiri peresmian Gedung SPKT Polres Kerinci pada Minggu pukul 11.00 WIB serta meninjau pengamanan jelang kunjungan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Namun, helikopter terpaksa harus melakukan pendaratan darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci.

Akibat insiden ini, acara peresmian Gedung SPKT Polres Kerinci pun dibatalkan.

Lalu, seluruh penumpang juga dipastikan selamat.

(News/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Helikopter Mendarat Darurat di Jambi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat