androidvodic.com

Hari Ketiga Proses Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi, Masih Terkendala Cuaca - News

News - Proses evakuasi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, beserta rombongan pada hari ketiga berlanjut, Selasa (21/2/2023) pagi.

Sebelumnya, helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi mendarat di kawasan hutan, Desa Tamiai, Batang Merangin, Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2/2023). 

Kini, kondisi Kapolda Jambi dan kru dalam keadaan sadar dan Tim SAR Gabungan masih berupaya melakukan proses evakuasi

Namun, menurut Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto, proses evakuasi terkendala cuaca. 

"Pertama pukul 07.00 WIB, Heli Baharkam Polri diterbangkan (menuju lokasi pendaratan Kapolda Jambi dan rombongan)."

"Cuaca yang berkabut dan tidak memungkinkan, sehingga helikopter kembali ke Lapangan Merangin," ucapnya dalam tayangan Breaking News Kompas TV, Selasa (22/2/2023).

Baca juga: Kabaharkam Polri Komjen Arif Tiba di Jambi Pantau Evakuasi Rombongan Kapolda, Kapolri Nanti Sore

Selanjutnya, Tim kembali ke lokasi Kapolda Jambi untuk proses evakuasi pada pukul 09.00 WIB. 

"Pukul 09.00 WIB helikoper Baharkam kembali ke lokasi (pendaratan Kapolda Jambi dan rombongan), namun sampai sekarang belum bisa menurunkan peralatan dan personel ke lokasi, karena cuaca belum memungkinkan," jelas Mulia. 

Terkait kondisi Kapolda Jambi, Mulia menyebut, Irjen Rusdi dalam keadaan sadar dan bisa berkomunikasi. 

"Untuk cidera Kapolda, informasi terakhir kemarin, Bapak Kapolda Jambi patah tangan kanan, yang ikut rombongan lainya luka-luka," ungkapnya. 

Adapun setelah proses evakuasi berhasil, rencananya Lapangan KONI Kabupaten Merangin dijadikan pusat observasi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan.

Sebelumnya, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, mengatakan keputusan ini diambil setelah rapat bersama tim SAR yang bertugas.

"Jadi memang setelah evakuasi menggunakan helikopter berhasil dilakukan maka Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, akan dibawa ke KONI Merangin, untuk mendapatkan penanganan sebelum dibawa ke RS Bhayangkara Jambi," katanya, Senin, dikutip dari TribunJambi.com.

Menurut Brigjen Yudawan, proses evakuasi akan di-backup Kapolda Sumatra Selatan, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, dan Kapolda Sumatra Barat, Irjen Pol Suharyono.

Suasana di lokasi Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kerinci, Senin (20/2/2023).
Suasana di lokasi Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kerinci, Senin (20/2/2023). (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Baca juga: Helikopter Bawa Obat-obatan Kembali Dikirim ke Lokasi Kapolda Jambi & Rombongan di Hutan Desa Tamiai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat