androidvodic.com

Soal Penyelamatan Kapolda Jambi, Kapolri: Butuh Langkah Khusus Supaya Tidak Menambah Cedera - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan kendala cuaca jadi salah satu faktor yang mempersulit tim evakuasi udara untuk menjangkau Kapolda Jambi dan rombongan yang menjadi korban pendaratan darurat helikopter di kawasan hutan Gunung Kerinci.

Oleh karena itu Listyo menyampaikan mereka akan mengutamakan operasi penyelamatan via jalur darat. Penyelamatan via darat dipilih agar tak menambah cedera para korban.

"Karena memang butuh langkah yang khusus untuk supaya tidak menambah cedera di sisi lain juga berjalan dengan baik dan keselamatan teman kami yang luka tentu jadi prioritas kami," kata Listyo dalam konferensi pers seperti ditayangkan Kompas TV, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Belum Dievakuasi, Kapolda Jambi Lebih Dahulukan Anggotanya untuk Diselamatkan

Polri kata Listyo sedang membuat mapping atau pemetaan jalur darat untuk mencari rute terdekat yang dapat menjangkau dan aman bagi para korban.

"Oleh karena itu kita lakukan SAR darat. Oleh karena itu saat ini kami sedang membuat mapping terkait dengan rute terdekat dan rute yang aman bagi korban," ungkapnya.

Mendarat Darurat di Kerinci

Diketahui, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Minggu (19/2/2023). 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menjelaskan Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 membawa Kapolda Jambi beserta rombongan itu dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Baca juga: 2 dari 4 Orang Rombongan Kapolda Jambi yang Berhasil Dievakuasi, Kini Dibawa ke RS 

Adapun penumpang Helikopter yang mendampingi Kapolda Jambi yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

"Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci," kata Mulia. 

Ia menambahkan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. 

Saat ini, Tim SAR Polres Kerinci, helikopter dari Tim SAR dan helikopter Sinar Mas sudah menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat