androidvodic.com

Dosen UII Yogyakarta Balas Email, Rektor: Rafie Ubah Rute Penerbangan Karena Alasan Kesehatan - News

News-  Keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta kini telah ditemukan.

Ahmad Munasir Rafie Pratama berada di Amerika Serikat.

Baca juga: Dosen UII Ditemukan di Amerika dalam Keadaan Aman, Keluarga Minta Hentikan Spekulasi

“UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan mas Rafie yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasannya di dalam balasan email,” ujar Rektor UII Prof Fathul Wahid, dalam keterangan resmi, Jumat (24/2/2023).

Ia mengatakan, pihak kampus menerima pesan dari Rafie, termasuk permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari Rafie kepada rektor dan seluruh sivitas akademika UII Yogyakarta atas kegaduhan yang muncul di publik terkait permasalahan ini.

Dia melanjutkan, UII Yogyakarta mendoakan semoga Rafie lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima.

“UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi Rafie, apabila diperlukan,” jelasnya.

Ditambahkan Fathul, UII sebagai organisasi publik yang mengedepankan nilai-nilai tata kelola yang baik memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlakuan yang adil dan setara kepada seluruh sivitas berdasar pada regulasi yang berlaku di UII Yogyakarta .

“Tindakan Rafie mengalihkan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa pemberitahuan kepada UII sejak 12 Februari 2023 patut diduga sebagai tindakan indisipliner karena telah meninggalkan tanggung jawab yang menyebabkan dampak terhadap tata laksana organisasi,” terangnya.

Baca juga: Irjen Krishna Murti: Dosen UII Ahmad Munasir Tidak Hilang Tapi Ubah Rute Terbang ke AS

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI Judha Nugraha, mengatakan telah menjalin komunikasi langsung dengan Ahmad Munasir Rafie Pratama.

Dengan telah ditemukannya Ahmad Munasir dalam keadaan selamat dan aman, serta sudah adanya komunikasi antara dirinya dengan keluarga dan UII Yogyakarta , maka penanganan hilangnya AMRP dinyatakan telah selesai.

"Kemenlu dan KJRI NY akan terus memantau kondisi AMRP dan memberikan pelayanan dan pelindungan sebagaimana diperlukan," jelas Judha.

Ubah rute penerbangan

Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti mengungkapkan, berdasar hasil koordinasinya dengan berbagai pihak, ternyata Ahmad telah memesan tiket ke Amerika.

Baca juga: Fakta Dosen UII yang Hilang Terdeteksi di AS, Diam-diam Ubah Rute Penerbangan Saat Transit di Turki

"Ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istanbul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta, baru ditemukan, setelah katanya hilang," kata Khrisna di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat