androidvodic.com

Evakuasi Korban Longsor di Natuna Terkendala Cuaca, Jaringan Telekomunikasi Terputus - News

News, NATUNA- Evakuasi korban longsor di Kecamatan Serasan, Natuna, Kepulauan Riau, kendala cuaca, Senin (6/3/2023).

Kondisi cuaca di sana yakni ombak sedang tinggi dan angin yang masih kencang. Sementara lokasi bencana berada pada beda pulau dari pusat pemerintahan Natuna.

Baca juga: Satu Kampung di Natuna Tertimbun Longsor, Tim SAR Gabungan Diterjunkan

"Cuaca berubah-ubah. Angin masih kencang. Ombak sedang tinggi. Lokasi berada di beda pulau dari pusat pemerintahan Kabupaten Natuna. BPBD Provinsi tetap standby," kata Kepala Bidang Kedaruratan, Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) PB dan Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Kepri, Junainah.

Evakuasi masih mengalami kendala karena sulitnya akses ke lokasi kejadian hingga jaringan telekomunikasi yang terputus. Tim SAR gabungan terhambat melakukan pembaruan data.

"Sekarang masih evakuasi. Semua unsur mulai dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan relawan masih proses evakuasi. Jaringan terputus sehingga laporan terbaru (terkendala)," imbuh Junainah. 

Berdasarkan data terbaru sebanyak 10 orang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana longsor tersebut.

Baca juga: 3 Anggota Keluarga Mantan Bupati Natuna Jadi Korban Tanah Longsor di Pulau Serasan

"Baru perkiraan. Kemungkinan data dapat berubah-ubah. Informasi terakhir tadi memang sudah ada kantong jenazah sebanyak 10 kantong yang sudah terisi," Junainah.

Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB telah beberapa kali mencoba menghubungi pihak BPBD Kabupaten Natuna, namun hingga saat ini belum dapat tersambung.

Baca juga: Longsor di Natuna Kepri: 50 Warga Hilang, 10 Orang Meninggal

Untuk mencapai Pulau Serasan dari Ibu Kota Kabupaten Natuna, Ranai, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan menggunakan kapal cepat dalam kondisi cuaca normal.

Berita ini telah tayang di Kompas.tv berjudul: Evakuasi Korban Longsor Natuna Terkendala Cuaca, Angin Kencang, Ombak Tinggi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat