androidvodic.com

Merapi Erupsi, Hujan Abu Vulkanik Terjadi di Magelang dan Boyolali - News

News - Hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi terjadi hingga ke Kabupaten Magelang.

Beberapa desa di Magelang yang terdampak hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi di antaranya Desa Krinjing, Mangunsoko, Dukun, Wonolilo, dan Krogowanan.

Hujan abu vilkanik Gunung Merapi juga mengguyur di Desa Tlatah dan Tlogolilih, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Abu di Desa Krinjing ketebalannya mencapai 1 cm.

Ambulan juga telah disiagakan di Desa Krinjing.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Mengatakan untuk wilayah Kabupaten Sleman tidak terdampak abu karena angin bergerak ke arah wilayah Kabupaten Magelang.

Baca juga: Dampak Erupsi Gunung Merapi, Rumah Warga Tertutup Abu Vulkanik

"Untuk Wilayah Sleman tidak terdampak abu karena angin ke arah barat daya, ke wilayah Kabupaten Magelang, sehingga wilayah Sleman aman dari dampak abu vulkanik, ujarnya," dikutip dari Breaking News Kompas TV, Sabtu (11/3/2023).

Makwan mengatakan bahwa warga Sleman yang berada di sekitar Gunung Merapi telah berada di titik kumpul dan siap untuk dievakuasi apabila sudah ada perintah dari BPBD Kabupaten Sleman.

Sebelumnya, Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada pukul 12.12 WIB, Sabtu (11/3/2023).

Gunung Merapi mengeluarkan awan panaske arah Kali Bebeng/Krasak pada Sabtu (11/3/2023) siang ini, sekira pukul 12.00 WIB.
Gunung Merapi mengeluarkan awan panaske arah Kali Bebeng/Krasak pada Sabtu (11/3/2023) siang ini, sekira pukul 12.00 WIB. (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Baca juga: Erupsi Gunung Merapi: Hujan Abu di 41 Desa dan Sejumlah Objek Wisata di Sleman Ditutup Sementara

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DI Yogyakarta melalui keterangan resminya menyampaikan, terjadi 1 kali guyuran lava dengan jarak luncur 1500 meter ke barat daya, suara guguran 2 kali dengan intesitas sedang dari Pos Babadan.

"Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km," ungkap keterangan BPPTKG yang diterima News.

BPPTKG meminta masyarakat selalu mengantisipasi gangguan abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi dan waspada terhadap bahaya lahar di seputar Gunung Merapi.

Abu vulkanik di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang saat ini sudah mulai reda, dikutip dari Breaking News Kompas TV.

(News/Muhammad Abdillah Awang)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat