androidvodic.com

Giliran Gunung Karangetang Status Siaga, Warga Diminta Jauhi Area Radius 2,5 Km dari Kawah Utama - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Gunung api Karangetang yang terletak di Kabupaten/Kota Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) telah memasuki status siaga pada Senin (13/3/2023).

Gunung api Karangetang telah mengalami satu kali gempa Hybrid serta satu kali gempa tremor.

Dikutip dari laman magma.esdm.go.id, pada hari ini, tepatnya sejak pukul 00.00 hingga 06.00 Wita, dapat diamati bahwa gunung yang memiliki ketinggian 1784 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memunculkan asap kawah utama berwarna putih, dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi mencapai 50 hingga 100 meter dari puncak.

Sementara itu, cuaca di sekitar gunung api itu cenderung berawan dan angin bergerak lemah ke arah Barat, dengan suhu udara sekitar 25 hingga 27 derajat Celcius, seismik pun didominasi gempa guguran.

Baca juga: Gunung Api Karangetang Erupsi, Status Naik jadi Siaga hingga Puluhan Warga Dievakuasi

Terkait aktivitas terkini Gunung Karangetang pada hari ini hingga pukul 06.00 WITA, telah terjadi 1 kali gempa Hybrid/Fase Banyak, dengan amplitudo 17 mm dan lama gempa mencapai 13 detik.

Selain itu, terjadi pula satu kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0,5 hingga 18 mm, namun didominasi 2 mm.

Melihat status Gunung Karangetang yang kini telah naik ke level siaga, masyarakat maupun wisatawan dan pendaki tidak diizinkan beraktivitas atau mendekati area tersebut dalam radius 2,5 km dari kawah utama, serta 3,5 km pada sektor Selatan dan Tenggara.

Selain itu, masyarakat yang bermukim di sekitar gunung tersebut diharapkan untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu tentang erupsi Gunung Karangetang dan selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.

Khusus musim hujan, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak gunung itu diminta untuk mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar.

Baca juga: Gunung Api Karangetang Erupsi, Status Naik jadi Siaga hingga Puluhan Warga Dievakuasi

Selain Karangetang, terdapat 3 gunung api lainnya yang turut berada dalam status level siaga, seperti Gunung Merapi, Gunung Semeru dan Gunung Anak Krakatau (GAK).

Terkait Merapi, sebelumnya gunung api yang terletak di antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah ini telah mengalami erupsi dan memutahkan lava serta awan panasnya pada Sabtu, 11 Maret lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat