androidvodic.com

Cetak Jurnalis Cerdas untuk Hadapi Tahun Politik 2024, PWI Jateng Gelar Uji Kompetensi Wartawan - News

News - Hadirnya jurnalis cerdas dinilai sangat dibutuhkan di era derasnya arus informasi seperti sekarang ini.

Terlebih jelang tahun politik 2024, jurnalis dituntut profesional dalam menyampaikan informasi atau berita ke masyarakat.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (PWI Jateng), Amir Machmud NS mengatakan, jurnalis yang cerdas dapat dicetak melalui proses Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

PWI Tengah sendiri memang sudah rutin melaksanakan ujian untuk para jurnalis, termasuk gelaran UKW Joglosemar pada 15-17 Maret 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, ujian kompetensi akan diikuti oleh 52 jurnalis dari wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Amir menjelaskan, kegiatan kolaboratif tiga PWI dan didukung penuh oleh PT Semen Gresik pabrik Rembang ini bertujuan meningkatkan kualitas serta profesionalitas insan pers.

Baca juga: Program ‘Dandan Omah’ Berhasil Tebar Kebermanfaatan, Wali Kota Eri Raih Anugerah Kebudayaan PWI

"Bagi kami sendiri, UKW sudah lama menjadi program mahkota sebagai kesungguhan kami menjaga harkat dan mertabat kewartawanan.

Dan kami bersyukur, PWI Jateng mendapat apresiasi dari PWI Pusat sebagai penyelenggara UKW terbanyak," kata Amir kepada News dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3/2023).

Amir melanjutkan, output dari UKW Joglosemar, kawan jurnalis diharapkan memiliki kompetensi dalam menjalankan profesinya.

Apalagi UKW Joglosemar digelar pada momen yang tepat, mulai turut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 hingga jelang pesta demokrasi Pemilu tahun depan.

"Karenanya dibutuhkan wartawan yang cerdas dan media waras dalam koridor Kode Etik Jurnalistik di tengah era digital, dan sebentar lagi menghadapi tahun politik pada 2024," ujar Amir menegaskan.

Adapun susunan kegiatan UKW diawali dengan kegiatan orientasi pada 15 Maret.

Para peserta akan gembleng oleh tim Dewan Kehormatan Provinsi PWI Jateng dengan diberikan pembekalan terkait Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik, Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI, dan seputar materi Uji Kompetensi Wartawan.

Sedangkan pelaksanaan inti UKW akan berlangsung 16-17 Maret 2023 yang diikuti 52 wartawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat