androidvodic.com

Milenial Apresiasi Kontribusi Papua Muda Inspiratif Panen 16 Ton Jagung di Jayapura - News

Laporan Wartawan News Toni Bramantoro

News, JAYAPURA - Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi kontribusi Papua Muda Inspiratif (PMI) yang memanen 16,1 ton jagung di lahan yang memiliki luas 7,5 hektar di Jayapura.

Koordinator AMMI, Nurkhasanah menyampaikan kekaguman dan apresiasinya kepada Papua Muda Inspiratif (PMI).

Menurutnya program yang termasuk Papua Yoyth Creative Hub (PYCH) ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dan ketahanan pangan Papua.

“Saya sangat kagum dan apresiasi kepada PMI ini. Pasalnya anak-anak muda Papua begitu produktif dan bisa memanen belasan ton jagung. Hasil ini semakin menguatkan Papua siap menjadi daerah dengan ketahanan pangan yang baik, karena di Papua tidak hanya gandum. Tapi juga ada beras, jagung yang siap menjadi basis ketahanan pangannya,” kata Nurkhasanah, Senin (13/3/2023).

Nurkhasanah menilai bahwa Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi komunitas yang dapat menggerakkan ekonomi, kebudayaan dan kearifan Papua di etalase nasional maupun internasional. PYCH ini digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewadahi generasi muda Papua.

Baca juga: Sosok Mawartih Susanty, Dokter yang Meninggal Tak Wajar di Nabire Papua

“Tujuan PYCH clear sejak digagas Presiden Jokowi. Menampung ide, gagasan, kreativitas dan inovasi para pemuda sehingga bisa berdampak positif terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Papua,” terangnya.

Nurkhasanah menengarai bahwa upaya Papua Muda Inspiratif (PMI) dapat menyejahterakan masyarakat. “Sekecil apapun perubahan itu akan memulai akan menjadi pengaruh besar untuk perubahan yang lebih baik,” sambung Nurkhasanah.

Melihat dampak dan kontribusi PMI dalam merevitalisasi pertanian, Nurkhasanah berharap agar pemerintah daerah (pemda) lain, terus membuka lahan tidur.

Hal itu untuk dipergunakan kembali sebagai lahan pertanian sebagai sarana budidaya tanaman untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan pangan bagi masyarakat di Papua.

“Sebagai bagian generasi milenial, saya pun bermimpi Papua Muda Inspiratif ini harus ditularkan di setiap daerah di Indonesia. Melihat kesuksesan Papua yang banyak memberikan kesempatan dan peluang bagi generasi muda, kita mendorong agar pemda meciptakan muda-muda inspiratif lainnya,” jelas Nurkhasanah.

Diketahui, Papua Youth Creative Hub (PYCH) digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewadahi generasi muda Papua.

Sehingga bisa berdampak positif terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Papua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat