androidvodic.com

Hari Ini Gunung Merapi Mengalami 52 Kali Gempa Guguran - News

Laporan Wartawan Tribunnewa.com, Fitri Wulandari

News, YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang terletak di antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah pada Rabu (15/3/2023) hari ini mengalami 52 kali gempa guguran dan 1 kali gempa awan panas guguran.

Dikutip dari laman magma.esdm.go.id, Rabu (15/3/2023), sejak pukul 06.00 hingga 12.00 WIB area di sekitar gunung api ini memiliki cuaca cerah hingga mendung, kemudian angin bergerak lemah hingga sedang ke arah Timur dan Tenggara.

Sementara itu, suhu udaranya mencapai sekitar 20 hingga 27 derajat Celcius dan kelembabannya antara 59 hingga 77 derajat Celcius.

Baca juga: Tanggap Bencana Erupsi Gunung Merapi, BRI Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak

Gunung api yang memiliki ketinggian 2968 meter di atas permukaan laut (mdpl) telah mengalami 1 kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 65 mm dan lama gempa mencapai 133,4 detik.

Selain itu terjadi pula 52 kali gempa guguran dengan amplitudo 5 hingga 30 mm dan lama gempa antara 37,5 hingga 144,1 detik.

Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) siang, telah berdampak pada 11 Kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sistem Informasi Kebencanaan Kabupaten (SIKK) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melaporkan guguran awan panas yang dimuntahkan Gunung Merapi terjadi pada pukul 12.12 WIB, ke arah Kali atau Sungai Bebeng atau Krasak.

Erupsi pun disebut masih berlangsung hingga saat ini, dan masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah berbahaya, tepatnya 7 km dari puncak gunung di alur Sungai Bebeng dan Krasak.

Sementara itu, tercatat hingga pukul 14.00 WIB, sebaran abu akibat erupsi gunung ini berdampak pada 11 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Mulai dari Kecamatan Sawangan yang meliputi Desa Ketep dan Wonolelo.

Lalu Kecamatan Dukun yang terdiri dari 7 desa yakni Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan, Mangunsuko dan Desa Krinjing.

Kemudian Kecamatan Candimulyo meliputi Desa Surojoyo, Giyanti dan Bateh.

Kecamatan Pakis yakni Desa Pakis, Bawang, Kajangkoso dan Pogalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat