androidvodic.com

Pencarian Korban Longsor di Natuna Dihentikan Jika Hingga Sabtu 4 Korban Hilang Belum Ditemukan - News

News, NATUNA - Bupati Natuna Wan Siswandi memperpanjang masa pencarian korban longsor di Natuna hingga Sabtu (18/3/2023) mendatang.

"Kami putuskan untuk perpanjangan berikutnya, pencarian korban longsor ditambah tiga hari lagi hingga Sabtu," kata Wan Siswandi yang juga Komandan Sistem Komando Penanggulangan Darurat Bencana Banjir dan Longsor di Serasan saat rapat koordinator di PLBN Serasan, Rabu (15/3/2023) malam.

Baca juga: Tim SAR Gabungan Kerahkan Tujuh Excavator untuk Cari 21 Korban yang Tertimbun Tanah di Natuna

Menurut Bupati Natuna Wan Siswandi, jika dalam tiga hari kedepan sisa korban hilang belum juga ditemukan maka pencarian akan ditutup.

Seperti diketahui, longsor di Natuna terjadi di Dusun Genting, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Senin (6/3/2023).

Hingga hari kesepuluh atau hari terakhir perpanjangan pertama, tim baru menemukan 50 korban meninggal dunia.

Sementara empat orang masih dinyatakan hilang.

"Pencarian korban sudah dilakukan dengan maksimal dan optimal. Mudah-mudahan penambahan kedua dan terakhir ini semua korban dapat ditemukan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Natuna, Abdul Rahman.

Ia menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan pusat untuk penambahan waktu Operasi SAR pencarian korban longsor selama tiga hari kedepan.

"Jika dalam tiga hari ini 4 korban itu belum juga ditemukan, kami akan duduk bersama keluarga korban," jelasnya.

Mengenai mekanisme pencarian hari ini, pihaknya juga telah memperkecil wilayah pencarian dan tetap menggunakan alat berat.

Baca juga: Kapal Pelni KM. Raya Evakuasi 414 Orang Terdampak Bencana Longsor di Pulau Serasan Natuna

"Besok (hari ini) kami akan fokus mencari di titik yang sudah ditentukan. Kami juga sudah brifing dengan operator alat berat tadi sore," katanya.

Bupati dan Wabup Tak akan Tinggalkan Serasan

Bupati Natuna Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda sebelumnya tak akan meninggalkan Serasan, lokasi longsor di Natuna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat