androidvodic.com

Tetapkan 1 Ramadan Hari Jumat Wage, Jemaah Aboge Banyumas Mulai Puasa Jumat Besok  - News

News, BANYUMAS - Jemaah Aboge baru akan memulai ibadah puasa Ramadan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada hari Jumat (24/3/2023) besok. 

Hal itu sesuai perhitungan mereka, jika awal Ramadan jatuh pada hari Jumat wage.

"Dari perhitungan Aboge, awal Ramadan jatuh pada Jumat Wage," kata sesepuh pengikut Aboge di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Satibi pada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Diketahui, Aboge merupakan akronim dari Alif Rebo Wage yang dijadikan sebagai dasar perhitungan kalender oleh sebagian umat Islam di Banyumas.

Satibi memaparkan, tahun 2023 ini bertepatan dengan tahun Jawa Ha atau He.

Sesuai dengan rumus yang diyakini turun-temurun, maka awal tahun Ha atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Ahad Pon atau disingkat menjadi Hengadpon (Ha/He Ahad Pon).

"Untuk menghitung awal Ramadan itu rumusnya Donemro (Romadon Enem Loro), yaitu hari ke enam dan pasaran kedua dari Ahad Pon. Maka awal Ramadan pada Jumat Wage," jelas Satibi.

Masjid Jami Baitussalam atau terkenal dengan sebutan Masjid Saka Tunggal Cikakak malam ini mulai dilaksanakan salat tarawih bagi penganut Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Minggu (3/4/2022).
Masjid Jami Baitussalam atau terkenal dengan sebutan Masjid Saka Tunggal Cikakak malam ini mulai dilaksanakan salat tarawih bagi penganut Aboge di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Minggu (3/4/2022). (TribunJateng/Pingky Setiyo Anggraeni)

Dalam kalender Aboge, setiap satu windu terdiri atas Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir.

Kalender Aboge juga mengenal hari berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing.

Untuk diketahui, jemaah aboge di Banyumas tersebar di beberapa wilayah, antara lain di Desa Cibangkong dan Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen.

Selain itu, juga terdapat di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Jemaah Aboge Banyumas Tetapkan 1 Ramadan Pada Hari Jumat Wage, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat