androidvodic.com

Total 612 Rumah dan 12 Fasilitas Umum Rusak Terdampak Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai - News

News, PEKANBARU - Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai yang terjadi pada Sabtu (1/4/2023) lalu mengakibatkan ratusan rumah warga rusak. Selain itu belasan fasilitas umum juga mengalami kerusakan.

Berdasarkan data dari Area Manager Communication Relations & CSR RU Dumai Agustiawan, hingga Selasa (4/4/2023) tercatat 612 rumah warga rusak akibat ledakan kilang minyak Pertamina Dumai di Kelurahan Tanjung Palas dan Jaya Mukti.

Agustiawan menjelaskan, untuk Kelurahan Tanjung Palas ada sekitar 510 unit dan Kelurahan Jaya Mukti ada sekitar 102 unit.

"Kemudian ada juga fasum seperti sekolah, mesjid, mushola, posyandu dan Kodim yang rusak," ujar Area Manager Communication Relations & CSR RU Dumai Agustiawan kepada Tribun, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Soal Ledakan di Kilang Pertamina Dumai, Kapolda Bakal Cari Penyebabnya hingga Disnaker Terjunkan Tim

Untuk Kelurahan Tanjung Palas fasum yang rusak ada 3 sekolah yakni SMPN 14, SDN 021 dan SDN 09, kemudian 2 Mesjid yakni Mesjid Al Qiyam dan Mesjid Al Mauluddaras.

Lalu di Kelurahan Jaya Mukti ada Mesjid Jamiatul Muslim, Mushola Al Mansur, TK Prabumulih dan Posyandu Kaswari yang rusak.

"Kelurahan Teluk Binjai SMAN 2 dan Kodim yang rusak, Kelurahan Buluh Kasap Kantor Dinas Perdagangan yang rusak," ucap Agus.

Jadi setelah pendataan ini kata Agus, akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi untuk selanjutnya dilakukan ganti rugi.

"Apa ganti ruginya belum ditetapkan dan rencananya besok akan dilakukan pertemuan dengan warga dan Pemerintah Daerah serta Pertamina guna memutuskan pola ganti rugi yang akan dipilih, apakah akan dibantu renovasi fisik atau penggantian secara tunai," ungkapnya.

Baca juga: Kapolda Riau Rapat dengan Petinggi Pertamina, Dugaan Sebab Ledakan Kilang di Dumai Diungkap

Seperti diketahui Dentuman dan flash Area Make Up Gas Compressor HCU-211 terjadi di kawasan Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai pada Sabtu (1/4/2023) malam sekitar Pukul 22.40.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.54 WIB.

Dalam peristiwa itu ada 9 korban mengalami luka dan sudah mendapatkan perawatan. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul 612 Rumah dan 12 Fasum yang Rusak Akibat Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat