androidvodic.com

Ratusan Jemaah Muhammadiyah di Cianjur Gelar Salat Idulfitri Dalam Kondisi Hujan - News

News, CIANJUR -  Meski diguyur hujan, ratusan jemaah Muhammadiyah menggelar salat Idulfitri 2023 di halaman Sekolah Islamic Center Aisyiyah, Jalan Dr. Muwardi, Desa Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jemaah Muhammadiyah tersebut mulai mendatangi Halaman Sekolah Islamic Center Aisyiyah sekitar pukul 06.00 WIB, Jumat (21/4/2023).

Baca juga: Warga Muhammadiyah Depok Salat Id di Masjid Al Kohinoor

Pelaksaana salat Idulfitri tersebut baru dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dengan dikawal sejumlah petugas dari Kepolisian.

"Untuk hari ini pimpinan Muhammadiyah Cianjur melaksanakan salat Idulfitri di 15 titik di sejumlah wilayah," kata Ketua PD Muhammadiyah Cianjur Saepul Ulum pada wartawan.

Sebelumnya lanjut dia, pihaknya sudah memberitahukan kepada Mapolres Cianjur dalam pelaksaan salat Idul Fitri yang digelar di sejumlah titik tersebut.

"Di Cianjur tercatat ada 25 ribu lebih anggota Muhammadiyah yang tersebar di berbagai wilayah. Dan hari ini mereka secara serentak melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri 2023 setelah satu bulan mereka menjalani ibadah puasa," katanya.

Baca juga: Salat Id Warga Muhammadiyah Sempat Dipersulit, Muhadjir Effendy: Tidak Usah Grasah-grusuh

Ia mengatakan, pelaksaan salat Idul Fitri tersebut merupakan bagian penanaman keyakinan dan pengetahuan yang telah diberikan pimpinan pusat dan wilayah Muhammadiyah kepada anggota ketika melakukan sesuatu berdasarkan ilmu dan pengetahuanya.

"Alhamdulliah mereka menjalankan itu, tetapi kondisi hari ini kita berbeda dengan saudara kita yang memang belum melaksanakan salat Idul Fitri hari ini, tentunya keberagaman adalah ketentraman dan kebahagiaan," katanya.

Selain itu ia mengungkapkan, jemaah yang merayakan hari raya tetap berbahagia. Namun untuk meluapkan kebahagian tersebut apabila harus makan tidak di lingkungan yang masih menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Warga Muhammadiyah Salat Idulfitri Lebih Dahulu, Sekda Muhammadiyah Depok: Umat Islam Toleran

"Makan toleransi, menghargai dan menghormati tentu harus lebih dikedepankan jadi Muhammadiyah adalah islam berkemajuan," katanya. (*)

Penulis: Fauzi Noviandi

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Meski Diguyur Hujan, Jemaah Muhammadiyah di Cianjur Khusyuk Jalani Salat Idul Fitri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat