androidvodic.com

Bertolak ke Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Tinggalkan Labuan Bajo - News

News, LABUAN BAJO - Presiden Joko Widodo dan keluarga meninggalkan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 25 April 2023 sekitar pukul 12.50 Wita.

Presiden dan keluarga lepas landas kembali ke Solo melalui Bandar Udara Komodo Labuan Bajo menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Baca juga: Naik Kapal Pinisi Raksasa, Jokowi Ajak Keluarga Liat Komodo di Pulau Rinca 

Dikutip dari Pos Kupang, Presiden bertolak kembali ke Solo, Jawa Tengah usai berlibur dan mengecek kesiapan jelang KTT ASEAN Summit 2023 di 

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan istri Julie Laiskodat tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan keluarga menuju Solo dari Bandara Komodo.

Presiden Jokowi menaiki tangga pesawat didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi serta cucunya Jan Ethes.

Diketahui, Jokowi dan keluarga berada di Labuan Bajo selama 3 hari, 22-23 April 2023. Tak sendiri, Jokowi juga mengajak dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Selain itu, ikut juga Ibu Iriana, Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri, Erina Gudono.

Baca juga: Potret Jokowi dan Keluarga Berlibur di Labuan Bajo, Naik Kapal Pinisi dan Susuri Gua Batu Cermin

Pada Minggu 23 April, Jokowi bersama keluarga mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah dikunjungi, salah satunya Goa Batu Cermin. Jokowi dan keluarga berkeliling Goa Batu Cermin dengan berjalan kaki melihat area terbuka.

Setelah berkeliling di tempat wisata tersebut, Jokowi juga mengunjungi sejumlah stan UMKM dan membeli sejumlah suvernir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT, seperti kain, topi bucket, dan topi pantai.

Sore harinya, Jokowi mengajak keluarga menikmati sunset di sekitar Pulau Bidadari dari atas kapal Pinisi Ayana Lako Di'a. Malam harinya, Jokowi membawa kedua cucunya jalan-jalan di sekitar Pusat Kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo.

 
Pada Senin pagi, Jokowi dan keluarga kembali menaiki Kapal Pinisi Ayana Lako Di'a untuk  mengunjungi Loh Buaya Pulau Rinca Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca juga: Berfoto dengan Presiden Jokowi, Pengunjung Goa Batu Cermin Labuan Bajo: Bangga, Saya Masih Gemetar

Pada Selasa, Jokowi bersama Iriana dan cucunya Jan Ethes didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengunjungi Puncak Waringin Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan lokasi itu jelang KTT ASEAN Summit 9-11 Mei mendatang. 

Untuk diketahui, Puncak Waringin menjadi lokasi Spouses Program bagi istri para kepala negara peserta KTT ASEAN Summit 2023.

Sebelumnya, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah memilih Labuan Bajo sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Edistasius Endi menyebut, ini menjadi momen bersejarah bagi masyarakat Manggarai Barat.

"Kami sampaikan rasa hormat dan bangga karena bapak Presiden dan keluarga memilih Labuan Bajo untuk datang berlibur. Saya kira, Ini merupakan momen bersejarah yang baru dilakukan oleh seorang presiden yaitu Presiden Joko Widodo," ucapnya.

Ia berharap usai Presiden dan keluarga menikmati berbagai obyek wisata di Labuan Bajo, segala kekurangan yang ditemukan menjadi perhatian untuk selanjutnya dibenahi.

"Ini menunjukan kepada dunia bahwa pariwisata Labuan Bajo memang sangat memesona, sangat aman dan nyaman bagi siapapun yang datang. Berbagai infrastruktur penunjang pariwisata Labuan Bajo telah di bangun oleh presiden. Infrastruktur tersebut bisa dilihat dan bisa dinikmati saat ini," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Presiden Jokowi dan Keluarga Tinggalkan Labuan Bajo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat