androidvodic.com

Buah yang akan Disantap Jokowi Mengandung Formalin, Pemkab Manggarai Barat Sidak Rumah Makan - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya nyaris menyantap makanan jenis buah yang terindikasi mengandung formalin ketika berlibur ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meski makanan tersebut tidak disantap Jokowi, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat langsung melakukan sidak di sejumlah tempat makan agar kasus serupa tidak terjadi lagi.

Terlebih pada 9-11 Mei 2023 mendatang akan diselenggarakan KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo.

Sidak yang dilakukan pada Rabu (26/4/2023) dihadiri langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Manggarai Barat, Gabriel Bagung, bersama tim Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Manggarai Barat.

Baca juga: Jelang KTT Asean, Menhub Pastikan Kesiapan Transportasi di Labuan Bajo

Sebanyak 6 rumah makan di Labuan Bajo didatangi langsung oleh jajaran Pemkab Manggarai Barat yang ingin mengetahui isi dapur dan proses pengolahan makanan di sana.

Selain itu, juru masak rumah makan diberi sejumlah pertanyaan terkait keamanan makanan yang disajikan.

Dalam sidak tersebut, tidak ditemukan makanan yang mengandung formalin dan zat berbahaya lainnya.

Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng menjelaskan sidak dilakukan untuk memastikan makanan yang dikonsumsi di sejumlah rumah makan di Labuan Bajo aman.

Ia menambahkan sampel makanan dari 6 rumah makan tersebut telah diambil dan akan diuji tim Loka POM Manggarai Barat

"Besok kita lanjutkan lagi, semua resto yang ada di Labuan Bajo kita akan periksa semua," ungkapnya, Rabu (26/4/2023), dikutip dari TribunFlores.com.

Apabila dari sampel tersebut ditemukan zat makanan yang berbahaya, sejumlah sanksi telah disiapkan untuk rumah makan yang melanggar.

"Kita akan berikan teguran keras kalau kita dapat, bahkan sampai kita stop izinnya. Kita tidak mau ada restoran yang mengganggu kesiapan menjelang Asean Summit," terangnya.

Kronologi Jokowi dan Keluarga Nyaris Menyantap Buah Berformalin

Ketika berada di Labuan Bajo, Jokowi dan keluarga nyaris menyantap makanan jenis buah yang diduga mengandung formalin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat