androidvodic.com

Dinsos Kota Bogor Temukan Gelandangan yang Memiliki Cek Rp 1,3 Miliar, Uang Siapa? - News

News, BOGOR-  Tini, seorang tunawisma atau gelandangan memiliki cek senilai Rp 1,3 miliar.

Cek tersebut dikeluarkan bank BCA saat diperiksa Dinas Sosial ( Dinsos) Kota Bogor. Dinsos belum mengecek keabsahan cek tersebut.

Baca juga: Rekeningnya Diblokir KPK, Mantan Rektor Unila: Saya Sekarang Hidup Seperti Gelandangan

Kabid Rehabsos Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan bahwa gelandangan wanita juga sulit diajak berkomunikasi diduga karena gangguan jiwa.

"Kita tidak bisa menyimpulkan cek itu aktif atau tidak. Kita belum melakukan validasi ke bank swasta tersebut," kata Dody Wahyudin kepada wartawan, Kamis (27/4/2023).

Dia juga mengatakan bahwa cek ini juga bukan atas nama tunawisma yang ditertibkan Dinsos tersebut.

Melainkan atas nama warga yang berasal dari luar Bogor.

"Atas namanya bukan atas nama Bu Tini. Jadi kalau tadi kita lihat itu atas nama warga dari provinsi lain di luar Jawa Barat," kata Dody Wahyudin.

Terkait bagaimana awal mula cek ini bisa di tangan gelandangan tersebut pun sementara masih misteri.

Baca juga: 292 Gelandangan dan Pengemis di Bali Dipulangkan ke Daerah Asal

Karena saat ditanyai petugas pun, tunawisma wanita ini tidak memberikan jawaban yang masuk akal.

"Ngomongnya gak nyambung, kadang katanya warisan Soekarno, kadang ah gak nyambung aja. Cek itu kalau saya sih cenderung kayaknya dari orang jatuh atau dompet segala macem, dia kan pemulung juga," kata Dody Wahyudin.

Diberitakan sebelumnya, seorang wanita tunawisma berinisial T di Kota Bogor kedapatan memiliki tabungan uang tunai Rp 1,2 Juta hingga cek Rp 1,3 Miliar.

Semua ini ditemukan oleh petugas Dinas Sosial ( Dinsos) Kota Bogor yang mengamankan dan memeriksa tunawisma yang tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kota Bogor ini.

"Iya tadi pas setelah kita cek itu di dalam tasnya ada cek, ceknya nilainya Rp 1.350.000.000," kata Kabid Rehabsos Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com, Kamis (27/4/2023).

Baca juga: Korban Salah Tangkap, Pria Tunawisma Ditahan di Rumah Sakit Jiwa Selama Lebih 2,5 Tahun

Selain kertas cek berisi nilai Rp 1,3 Miliar, petugas juga menemukan tabungan uang sebesar Rp 1.250.000 ditambah beberapa STNK motor.

Dia mengatakan bahwa ibu gelandangan ini diduga mengalami gangguan jiwa.

Setelah diamankan Dinsos, dia diperiksa oleh psikolog kemudian dirujuk ke rumah sakit jiwa di Rumah Sakit Marzuki Mahdi.

Penulis: Naufal Fauzy

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Gelandangan di Bogor Miliki Cek Rp 1,3 Miliar, Asal Cek Masih Misteri, Ngakunya Warisan Soekarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat