androidvodic.com

Antisipasi Kepadatan Saat Puncak Arus Balik Gelombang Kedua, ASDP Batam Terapkan Sistem Tertib Antre - News

Laporan Wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam mempersiapkan sistem tertib antri dalam menghadapi puncak arus balik kedua Angkutan Lebaran 2023.

Puncak arus balik kedua diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini, tepatnya 29-30 April 2023.

General Manager ASDP Batam Marsadik mengatakan, dalam sistem tertib antre, pengguna jasa dapat menghubungi Customer Service melalui Whatsapp terlebih dahulu.

Baca juga: H+2 Lebaran 2023, ASDP Sebut 123 Ribu Orang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa

Pengguna jasa menghubungi Customer Service terlebih dahulu untuk mengecek ketersediaan kuota kapal dan tanggal keberangkatan.

Setelah itu, pengguna jasa akan mendapatkan konfirmasi dan nomor antrean untuk keberangkatan penyeberangan.

Menurut dia, sistem tertib antre ini merupakan upaya ASDP mengurangi operasi calo yang disebut kerap merugikan penumpang.

"Apalagi, selama masa angkutan lebaran, kesadaran masyarakat khususnya di daerah Batam terhadap transformasi digital meningkat. Mereka sangat mengapresiasi sistem antrean ini," kata Marsadik dalam keterangannya, Jumat (28/4/2023).

Untuk lintasan Telaga Punggur-Tanjung Uban, selama periode H-10 hingga H+4, ASDP melayani hingga 223 trip penyeberangan.

Sejauh ini, dari H-10 hingga H+4 Lebaran 2023, ASDP Batam sudah melayani total 36.652 penumpang dan 12.699 unit kendaraan yang menyeberang dari Telaga Punggur ke Tanjung Uban.

Sebaliknya, dari Tanjung Uban ke Telaga Punggur tercatat sebanyak 35.165 orang dan 12.248 unit kendaraan yang telah menyeberang.

Sekitar 40 persen penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan telah kembali di arus balik, sementara 60 persen sisanya masih belum kembali.

"Kami prediksikan akan kembali terjadi peningkatan pada pergerakan penumpang dan kendaraan di 29-30 April atau saat cuti bersama telah usai," ujar Marsadik.

Puncak arus balik kedua di lintasan Telaga Punggur - Tanjung Uban menjadi perhatian setelah adanya peningkatan trafik selama periode Libur Lebaran 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, hal itu membuat lintasan Telaga Punggur - Tanjung Uban masuk dalam daftar pantauan perusahaan.

"Puncak arus balik pertama terjadi pada H+1 kemarin, dan diperkirakan akan naik lagi pada puncak arus balik kedua pada akhir pekan ini. Diketahui masyarakat akan kembali beraktivitas pada 2 Mei mendatang setelah mengambil cuti dan libur panjang," kata Shelvy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat