androidvodic.com

Detik-detik Perahu Wisata di Pantai Pangandaran Karam, 1 Penumpang Tewas dan 8 Orang Dirawat di RS - News

News - Seorang wisatawan meninggal dalam insiden perahu wisata karam di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (28/4/2023).

Perahu wisata karam ketika hendak menyeberang ke Pantai Pasir Putih dari Pantai Barat Pangandaran sekitar pukul 07.30 WIB.

Selain mengakibatkan satu wisatawan meninggal, sebanyak 8 wisatawan yang juga berada di atas kapal dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Seluruh korban merupakan rombongan satu keluarga asal Padalarang, Bandung Barat.

Kapolres Pangandaran, AKBP Hidayat mengatakan ombak di Pantai Pangandaran cukup tinggi dan mengakibatkan perahu wisata karam.

Baca juga: 5 Wisatawan Meninggal di Pantai Sukabumi Selama Masa Libur Lebaran, Jasadnya Ditemukan di 3 Titik

"Memang ombak cukup tinggi sehingga pada saat jarak 50 meter dari bibir pantai terhantam ombak yang akhirnya perahu karam," paparnya, Jumat (28/4/2023), dikutip dari TribunJabar.com.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, seluruh penumpang kapal menggunakan jaket pelampung untuk keamanan.

Namun, satu penumpang yang bernama Bandi Sobandi meninggal karena pingsan setelah perahu wisata karam.

"Tapi ternyata, korban satu atas nama Bandi Sobandi (meninggal dunia), yang saat kejadian diduga pingsan sehingga air laut masuk ke paru-paru," imbuhnya.

Sementara itu 8 korban lain masih dirawat di RSUD Pandega Pangandaran dan kondisinya sudah membaik meski masih mengalami trauma.

"Kondisi korban lainnya sudah sadar, hanya ada satu istri Bandi Sobandi yang masih di ruangan ICU. Tapi, sekarang kondisinya sudah membaik," sambungnya.

Baca juga: Pantai di Sukabumi Memakan Korban Jiwa, 4 Wisatawan Tewas Terseret Ombak, 1 Orang Belum Ditemukan

Suasana aktivitas pengunjung di sekitar lokasi larangan berenang Pos 4 dan Pos 5 Pantai Pangandaran, Minggu (23/4/2023)..
Suasana aktivitas pengunjung di sekitar lokasi larangan berenang Pos 4 dan Pos 5 Pantai Pangandaran, Minggu (23/4/2023).. (Tribun Jabar)

Sebelumnya, KasatPol Airud Polres Pangandaran, AKP Sugianto membenarkan adanya insiden perahu wisata karam dihantam ombak di pantai Pangandaran.

"Saat perahu tersebut hendak berangkat ke pasir putih, tiba-tiba datang ombak dan akhirnya, air laut masuk ke perahu dan perahunya karam."

"Saat itu kebetulan lagi datang ombak besar," terangnya.

Korban yang berada di dalam perahu merupakan satu keluarga asal Bandung yang sedang berlibur.

Ia belum dapat mengungkap identitas para korban karena telah dilarikan ke rumah sakit.

"Korban 1 orang wisatawan meninggal dunia dari 8 penumpang yang ada di perahu tersebut."

"Mereka asal Bandung, Padalarang. Soal data, saat ini masih sedang pendataan karena korban sudah dibawa ke RSUD Pandega Pangandaran," bebernya.

(News/Mohay) (TribunJabar.com/Padna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat