androidvodic.com

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Akmal Malik Maksimalkan Potensi Pariwisata - News

News, SULAWESI BARAT - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelar Festival Karampuang sekaligus Peresmian Plaza Karampuang oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik. Acara tersebut digelar bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang diperingati pada Senin, 1 Mei 2023.

Pulau Karampuang memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang cukup besar, meliputi pantai terumbu karang, mangrove, perikanan budidaya dan perikanan tangkap.

Turut hadir dalam acara tersebut, Staf Khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar Billy Mambrasar. Ia menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulawesi Barat untuk inisiatif ini.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Akselerasi Pertumbuhan Desa Wisata untuk Dorong Kebangkitan Pariwisata Nasional

“Sulawesi Barat merupakan pulau yang sangat indah dan saya senang sekali dapat kembali ke tempat ini, khususnya dalam Festival Karampuang 2023. Pak Pj. Gubernur menyampaikan bahwa Plaza Karampuang ini dibangun hanya dalam waktu 39 hari, sebuah bentuk nyata kerja cepat dan kerja tepat. Saya berharap bahwa diibangunnya Plaza Karampuang dan sentra UMKM di Pulau Karampuang akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," ucap Billy Mambrasar, dikutip Rabu (3/5/2023).

"Dalam sambutan, Pak Akmal juga menyampaikan bahwa di Plaza Karampuang ini akan diadakan acara rutin satu bulan sekali, di bawah supervisi Dinas Pariwisata. Ini merupakan langkah awal yang baik, supaya plaza ini benar-benar dioptimalkan penggunaannya untuk mendorong kreativitas dan inovasi anak muda Sulbar. Proficiat sekali lagi saya ucapkan kepada Bapak Akmal beserta segenap seluruh jajaran. Semoga selanjutnya, Festival Karampuang bisa menjadi agenda rutin tahunan yang melibatkan lebih banyak lagi masyarakat,” tambah Billy Mambrasar.

Baca juga: Pentingnya Penegakan Aturan Pariwisata di Bali Secara Konsisten, Tegas, dan Ramah

Dalam acara tersebut, Akmal Malik juga menyampaikan bahwa sebelum digelarnya Festival Karampuang, telah dibangun 12 unit UMKM sebagai hasil kerja sama Pemprov Sulawesi Barat dengan Korem TNI 142 Taroada Taragau di Mamuju.

Dengan demikian, sektor pariwisata dan sektor UMKM akan berdampingan dan saling menyokong satu sama lain untuk membangkitkan perekonomian Pulau Karampuang dan Provinsi Sulawesi Barat.

Festival Karampuang ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sulawesi Barat Sitti Suraidah Suhardi, jajaran Forkopimda Sulbar, serta pejabat dan masyarakat setempat lainnya.

Dalam kunjungan ke Sulawesi Barat kali ini, Billy Mambrasar bersama Tim BAPER (Bawa Perubahan), yang merupakan tim kerja di bawahnya, juga menjajaki beberapa potensi kolaborasi bersama Pemprov Sulawesi Barat maupun Pemda Mamuju di bidang pengembangan sumber daya manusia.

“Seperti yang selalu ditekankan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, pembangunan tidak boleh bersifat Jawa-sentris, namun harus Indonesia-sentris. Oleh sebab itu, dalam setiap kunjungan saya bersama tim ke daerah-daerah, saya selalu berusaha menciptakan peluang kolaborasi untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia, terutama untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi para pemuda di daerah,” tuturnya.

Akmal percaya, keberadaan Plaza Karampuang akan membangkitkan kepariwisataan serta perekonomian di Pulau Karampuang, Sulawesi Barat khususnya.

Peluncuran ditandai dengan pemukulan gendang sekaligus penandatanganan prasasti oleh Akmal Malik bersama sejumlah jajaran Forkopimda Sulawesi Barat.

Akmal Malik mengatakan, apa yang dilakukan merupakan bentuk kecil yang dapat dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

"Selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Mamuju," ujar Akmal.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, KEK Lido Serap Investasi dan Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Nasional

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat