androidvodic.com

Bus dalam Kondisi Parkir Sebelum Kecelakaan, Mendadak Jalan Tanpa Sopir hingga Terperosok ke Sungai - News

News - Bus pariwisata membawa rombongan peziarah dari Tangerang terperosok ke sungai kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) pukul 08.30 WIB.

Lokasi kecelakaan bus tersebut tepatnya di jembatan dekat Hotel Ashafana. 

Sebelum kecelakaan, bus dalam kondisi parkir. Rombongan hendak kembali ke daerah asal setelah berwisata di kawasan Guci.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Solo-Ngawi KM 537, Dua Orang Dilaporkan Tewas

Kemudian entah bagaimana bus mendadak berjalan sendiri tanpa dikemudikan sopir, melaju karena posisi menurun sampai akhirnya menubruk pembatas dan masuk ke sungai.

Bus pariwisata terperosok masuk ke sungai di area Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal pada Minggu (7/5/2023) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.
Bus pariwisata terperosok masuk ke sungai di area Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal pada Minggu (7/5/2023) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. (Istimewa/ Tribunjateng.com)
Kepala Disporapar Kabupaten Tegal, Ahmad Uwes Qoroni, mengungkapkan peristiwa naas tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB dan posisi bus sedang terparkir. 

Bus membawa rombongan peziarah asal Tangerang Banten dengan tujuan akhir ke Guci, dan setelahnya baru kembali ke Tangerang. 

Menurut Uwes, rombongan peziarah sudah sempat menginap satu malam di Guci. 

Baca juga: Detik-detik Bus Peziarah Masuk Jurang di Kawasan Wisata Guci Tegal, Bus Meluncur Setelah Sopir Turun

"Jadi posisi bus saat itu sedang parkir, kemungkinan ada kesalahan teknis dari pengemudi sampai akhirnya bus melaju sendiri ke bawah, tidak terkendali sampai masuk ke sungai yang posisinya dekat dengan area parkiran," ungkap Uwes, pada Tribunjateng.com. 

Setelah kejadian, tim relawan dari BPBD, Tagana, TNI-Polri, termasuk warga dan pengunjung wisata langsung memberikan bantuan dan penanganan. 

Semua korban yang ada di bus sudah dievakuasi dan sebagian dibawa ke RSUD dr Soeselo Slawi, sebagian lagi ada yang dibawa ke Puskesmas Bumijawa. 

Untuk jumlah korban, Uwes menuturkan jumlah pastinya belum diketahui dan nantinya akan diinformasikan lebih lanjut. 

"Ya mohon doanya semoga tidak ada korban jiwa yang sampai meninggal dunia, dan korban bisa segera pulih. Karena sampai saat ini kami masih menunggu informasi lebih lanjut. Peristiwa ini juga menjadi pembelajaran untuk kita semuanya, agar apapun itu harus waspada dan pastikan dalam kondisi baik," ujarnya. 

Sementara itu, Pedagang Kopi di Objek Wisata Guci, Mohamad Alwi, menuturkan saat kejadian ia sedang berada di lokasi dan melihat bus pariwisata tiba-tiba turun ke bawah dan sempat menubruk salah satu kedai kopi, bus terus melaju semakin kencang dan berakhir masuk ke sungai.

Semua orang yang ada di lokasi teriak histeris dan beberapa pengunjung yang berada di sekitar lokasi langsung minggir mencari tempat lainnya.

Kebetulan sedang berjualan di dekat lokasi, Alwi mengaku melihat kejadian sejak awal bahkan mengetahui bahwa di dalam bus tidak ada sopirnya. 

Alwi pun langsung lari dan menghampiri bus yang terperosok masuk ke sungai. 

"Bus dari parkiran atas kemudian turun ke bawah sampai kecebur ke dalam sungai. Saat kejadian di dalam bus ada penumpangnya, dan kemungkinan banyak korban karena melihat kencangnya bus saat turun ke bawah."

"Saya melihat bus tidak ada sopirnya, tapi ya tidak tahu pasti saat itu kemana sopirnya atau sedang apa," pungkas Alwi. 

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui jumlah pasti penumpang bus ada berapa dan apakah ada korban meninggal dunia, atau hanya luka ringan dan berat. (dta)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kesaksian Warga Lihat Kecelakaan Bus di Wisata Guci Tegal: Tidak Ada Sopirnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat