androidvodic.com

Evakuasi 4 Karyawan PT IBS dari Distrik Okbab ke Pegunungan Bintang Dipimpin Langsung Kapolres - News

News, JAYAPURA – 4 Karyawan PT IBS yang sebelumnya diberitakan sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah dievakuasi dari Okbab, ke Pegunungan Bintang, Senin (15/5/2023).

Dalam proses evakuasi tersebut diterjunkan 50 personel dari Pamtas Statis RI-PNG Yonif 143, Polres Pegunungan Bintang, serta personel Operasi Damai Cartenz 2023.

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono Pastikan 4 Pekerja PT IBS di Okbab Papua Tidak Disandera KKB

Diketahui para karyawan tersebut merupakan korban penyanderaan KKB akhir pekan lalu dan kini berhasil diselamatkan.

Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Mohamad Dafi Bastomi mengatakan, evakuasi dilakukan pagi tadi.

"Sekitar Pukul 09.30 WIT pagi tadi, dengan menggunakan Pesawat PK-RBP," kata Mohamad Dafi melalui keterangan tertulis.

Dafi mengatakan, dalam penjemputan 4 karyawan ini, tak hanya aparat gabungan, namun turut hadir Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, Assisten I Setda Pegunungan Bintang Nicolaus Urobmabin, Kepala Kampung Borban Obet Urwan serta Agus Uropka selaku tokoh masyarakat.

 "Semua juga turut melakukan penjemputan kepada keempat karyawan tersebut dari Distrik Okbab dan telah tiba di Oksibil sekitar pukul 10.50 WIT,” ungkapnya.

Baca juga: Kapolda Papua Ungkap Detik-detik KKB Bebaskan 2 Sandera Terakhir di Distrik Okbab Papua

Dikatakan Dafi, adapun keempat karyawan yang telah berhasil dievakuasi yakni atas nama Asmar dan Feryan Erlangga.

"Yang mengalami luka akibat benda tajam namun masih dalam keadaan sadar serta saudara Peas Kulka dan Senus Lepitalem dalam kondisi baik."

“Keempat korban kini telah berada di RSUD Oksibil untuk dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut," sambung dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus tingkatkan pemantauan terkait situasi kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mencegah terjadinya hal seperti demikian.

Sekadar diketahui, dalam penjemputan itu turut hadir juga Dansatgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 143/TWEJ Letkol Inf. Ari Ismoyo Timor, Direktur PT IBS Pusat Makmur Jauhari, ppimpinan PT IBS Pusat, Pejabat Utama Polres Pegunungan Bintang, serta personel Ops Damai Cartenz 2023.

Baca juga: Drama Penyanderaan Pekerja PT IBS oleh KKB Berakhir, Korban Selamat hingga Penjelasan Kapolda Papua

Evakuasi tersebut dipimpin langsung, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi, dan Waka Satgas Gakkum Kombes Pol Joko Sulistio.

Penulis: Hendrik Rikarsyo Rewapatara

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul AKHIRNYA! Aparat Gabungan Evakuasi 4 Karyawan PT IBS dari Distrik Okbab Pegunungan Bintang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat