androidvodic.com

Paparkan Potensi Daerahnya, Bupati Dairi dan Walikota Pematang Siantar Siap Sambut Investor - News

News, JAKARTA - Hari terakhir acara Indonesia-China Smart City Expo 2023 yang berlangsung di Grand Ballroom Shangri-La Hotel, Jakarta, menampilkan persentasi beberapa kepala daerah.

Bupati Kabupaten Dairi Eddy Berutu dan Walikota Pematang Siantar Susanti Damayani, Provinsi Sumatera Utara mengundang para investor Tiongkok untuk investasi di daerahnya.

Pada kesempatan itu, Eddy yang tampil dalam sesi diskusi panel dipandu Robert Nyo (Wakilketum INTI) menyinggung bonus demografi Indonesia, terjadi juga generasi muda Dairi juga meningkat.

“Dengan sekitar 300 ribu penduduk 60 persen petani salah satu unggulan Kopi, masih menggunakan teknologi otot (REI. 0). Kontribusi pertanian menyumbang 43 persen pendapatan Kabupaten Dairi. Presiden Jokowi memerintahkan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kami menjalin kerjasama dengan Pemkot Medan khusus menyuplai cabe,” kata Eddy, Jumat (26/5/2023)

Selain itu, Eddy juga menyinggung potensi lain Kabupaten Dairi memproduksi jagung dengan luas lahan 200 hektar.

Menurut Eddy, yang dihadapi masalah sampah terutama pangkal jagung masih dibakar secara konvensional, Dairi mengundang untuk memamfaatkan dengan teknologi smart.

"Selain itu, untuk pemamfaatkan energi kabupaten Dairi sangat potensial dengan pembangkit listrik tenaga air dengan debit air. Sekarang sudah ada dua pembangkit listrik tenaga air dengan join venture dengan Tiongkok. Kita terbuka untuk investasi baru," kata Eddy.

Sementara itu, Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani menyampaikan bahwa kota Siantar merupakan kota transit atau penghubung antara Medan dan Danau Toba.

"Masalah di Pematang Siantar pengelolaan sampah, dengan 270 ton pertahun. Asumsi pengelolaan sampah untuk kompos dan listrik, kami tawarkan kepada owner perusahaan di sini. Kami menantikan para investor di Siantar dalam kaitan itu. Peluang investasi terbuka juga dengan dua pasar daerah berpotensi dikembangkan. Kota Siantar kota perdagangan dan kota terbesar kedua di Sumut," katanya.

Baca juga: Moeldoko: Pemerintah Telah Kerja Keras Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

Dia mengataka kebutuhan bidang kesehatan dengan mengembangkan Rumah Sakit Internasional.

"Faktanya memang banyak berobat ke Singapura dan Penang, Malaysia. Pemerintah daerah berhasil menurunkan kemiskinan dan angka kesenjangan pendapatan sangat kecil," kata Susanti

Hadir dalam penutupan Indonesia-China Smart City Expo 2023 Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, Ketua Umum KIKT Boy Tohir, Pengusaha Nasional Maruarar Sirait, Sekjen INTI Candra Jap, Waketum INTI Robert Nyo Ketua Pelaksana Smart City Expo 2023 Mayjen TNI (Purn) Ben Yura Rimba.

Bupati Kabupaten Dairi Eddy Berutu dan Walikota Pematang Siantar Susanti Damayani, Provinsi Sumatera Utara mengundang para investor Tiongkok untuk investasi di daerahnya.
Bupati Kabupaten Dairi Eddy Berutu dan Walikota Pematang Siantar Susanti Damayani, Provinsi Sumatera Utara mengundang para investor Tiongkok untuk investasi di daerahnya. (istimewa)

Ketua Umum INTI Teddy Sugianto sebagai host acara mengatakan acara Smart City Expo 2023 bertujuan untuk menyatukan sinergi pemerintah dan swasta dalam mendorong investor Tiongkok berinvestasi untuk Indonesia termasuk mendukung IKN yang digagas Presiden Jokowi.

Sementara Ketua Pelaksana Smart City Expo 2023 Ben Yura Rimba dalam sambutannya mengatakan mengucapkan kepada Menteri Investasi/BPKM, Menteri BUMN, Menteri Agraria dan Tata Ruang yang telah menyukseskan Acara Smart City Expo 2023.

“Kepada Ketua MPR yang berkenan menutup acara. Juga apresiasi yang tinggi kepada Bapak Sugianto Kusuma dan Pak Ara Sirait yang telah berperan hingga acara ini suskes serta semua panitia yang telah bekerja keras," ujar Ben.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat