androidvodic.com

Hingga Mei 2023 Ada 12 Kasus Rabies pada Hewan di Provinsi Riau, Paling Banyak di Kabupaten Siak - News

News, PEKANBARU - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau mencatat, ada 12 kasus positif rabies pada hewan di Provinsi Riau terhitung sejak Januari hingga akhir Mei 2023.

"Sejak Januari sampai akhir Mei 2023, kita mencatat ada 12 kasus positif rabies pada hewan di Riau," kata Kepala PKH Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari, Selasa (20/6/2023).

Berdasarkan data yang dirilis Dinas PKH Riau, 12 kasus rabies pada hewan tersebut tersebar di sejumlah Kabupaten Kota di Provinsi Riau.

Di antaranya di Kabupaten Indragiri 3 kasus, Pelalawan 1 kasus, Siak 4 kasus, Bengkalis 1 kasus, dan di Kota Pekanbaru 3 kasus.

Baca juga: Apakah Rabies Dapat Disembuhkan? Simak Cara Pencegahannya

Dari 12 kasus yang positif rabies pada hewan, ada 25 orang tergigit.

Namun tidak ada kasus meninggal dunia akibat gigitan hewan rabies.

"Dari 12 kasus yang positif rabies di hewan, ada 25 orang tergigit. Namun kasus manusia meninggal karena rabiel sejauh ini belum ada atau masih nihil," ujarnya.

Kasus rabies ditemukan dari laporan masyarakat dan dinas peternakan di daerah.

Setelah diambil sampel dan dilakukann pemeriksaan di laboratorium, ternyata hasilnya hewan-hewan tersebut terjangkit virus rabies.

"Iya, itu berdasarkan hasil uji laboratorium," kata Drh Faralinda Sari.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan terutama anjing dan kucing di Riau, Dinas PKH Riau mendistribusikan vaksin rabies ke 12 kabupaten kota di Riau.

Baca juga: Di Kabupaten Landak Dilaporkan 3 Orang Meninggal Dunia Kena Rabies

Vaksin rabies didistribusikan sejak awal tahun 2023 lalu.

Pendistribusian vaksin dimaksud untuk mencegah hewan terkena rabies.

"Sudah kami distribusikan dan pihak pemerintah kabupaten/kota melalui instansi terkait sudah ada yang melakukan vaksinasi. Utamanya bagi hewan jenis anjing dan kucing, ada juga beberapa hewan jenis musang yang dipelihara," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat