androidvodic.com

AirNav Indonesia Terus Upayakan Pencarian Pesawat SAM Air yang Hilang Kontak di Papua - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi mengatakan pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan penerbangan masih terus berupaya melakukan pencarian pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air dengan nomor penerbangan PK-SMW yang hilang kontak di Papua pada Jumat (23/6/2023) siang.

Perkembangan informasi pencarian di lapangan juga akan terus disampaikan.

"AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder penerbangan terkait, terus mengupayakan pencarian keberadaan pesawat PK-SMW tersebut dan update kondisi di lapangan," kata Rosedi dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, Pesawat SAM Air di Yalimo Disebut Terbakar di Hutan Belantara Papua Pegunungan

Saat ini pihak SAR juga masih terus melakukan pencarian pesawat yang dikabarkan mengangkut 6 orang dengan rincian 1 pilot dan co-pilot, serta 4 orang penumpang.

Kasi SAR Jayapura, Marinus Ohoirat mengatakan rute penerbangan yang dilalui oleh pesawat SAM Air nomor penerbangan PK-SMW rute Bandara Elelim di Yalimo menuju Bandara Ilaga merupakan daerah pedalaman yang dikelilingi oleh pegunungan.

Rute tersebut kata dia, merupakan rute biasa. Sebelum dikabarkan hilang kontak pada pukul 11.07 WIT, pesawat dengan nomor yang sama telah berhasil melakukan perjalanan dari Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga, dan kemudian kembali lagi ke Bandara Elelim pada pagi tadi.

Namun di penerbangan kedua kalinya pada Jumat siang, pesawat dengan nomor penerbangan yang sama dilaporkan hilang kontak.

"Itu di daerah pedalaman sehingga dikelilingi oleh pegunungan," kata Marinus.

"Jadi ini sebenarnya flight kedua dan untuk rute tersebut adalah rute biasa yang sudah dijalani oleh PK-SMW," lanjutnya.

Baca juga: Penyebab Pesawat SAM Air Hilang Kontak di Papua Belum Diketahui, Bawa 4 Penumpang, Ada Guru SD

Pesawat SAM Air hilang kontak di pegunungan Papua

Sebagai informasi pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air dengan nomor penerbangan PK-SMW dikabarkan hilang kontak pada Jumat (23/6/2023) siang.

Pesawat ini sebelumnya lepas landas dari Bandara Elelim di Yalimo menuju Bandara Ilaga pukul 11.53 WIT.  Pesawat membawa 6 orang dengan rincian 4 penumpang dan 2 kru. Setelah terbang selama 7 menit pesawat hilang kontak. Pesawat SAM Air rute penerbangan Yalimo - Ilaga semestinya hanya memakan waktu tempuh 13 menit.

Atas informasi ini, tim SAR Jayapura bersama pihak maskapai telah diterjunkan melakukan pencarian menggunakan pesawat tipe Pilatus milik maskapai Susi Air dengan registrasi PK-VVK yang berangkat dari Wamena.

Tim SAR kemudian kembali memberangkatkan helikopter dari Wamena untuk melakukan pencarian kedua. Pencarian hari ini difokuskan dari arah Bandara Elelim menuju Bandara Ilaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat