androidvodic.com

Kemendagri: Puncak Pertemuan ASEAN Smart City Network Akan Diselenggarakan di Bali - News

News, JAKARTA - Pertemuan puncak tahunan ASEAN Smart City Network (ASCN) akan digelar di Bali pada bulan Juli mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA selaku National Representative (NR) ASCN Indonesia, Kamis (22/6/2023).

Berbagai permasalahan perkotaan mulai dari transportasi, hunian, pelestarian lingkungan, hingga ketentraman dan ketertiban masyarakat telah menjadi masalah klasik di kota-kota saat ini. 

Baca juga: Kemendagri: 17 Gubernur Berakhir Masa Jabatannya Mulai Bulan September 2023

Belum lagi arus urbanisasi yang terus menambah kepadatan penduduk di perkotaan.

Isu-isu strategis tersebut turut mengemuka dalam Seri-4 Diskusi ASCN.

Safrizal mengatakan masalah klasikal tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara-cara konvensional, namun harus menempatkan terobosan dan inovasi sebagai ujung tombaknya.

"Karena begitu masifnya perkembangan teknologi informasi saat ini, sehingga pendekatan transformasi digital dalam kerangka kerja-kerja kolaboratif menjadi instrumentasinya,” kata Safrizal. 

Baca juga: Kemendagri Gelar Kemah Kebangsaan, Tanamkan Nilai Nasionalisme untuk Generasi Muda Indonesia

Permasalahan-permasalahan tersebut nantinya menjadi bahan rekomendasi yang akan dibahas dalam pertemuan tahunan ASCN.

Hal ini sekaligus menjadi materi dalam KTT ASEAN ke-43 pada bulan September mendatang.

“Indonesia dalam hal ini melalui focal point Kemendagri siap untuk menjadi tuan rumah dalam agenda The 6th Annual Meeting of ASCN pada 12-13 Juli 2023 mendatang yang tentunya turut pula menyukseskan Keketuaan Indonesia di ASEAN,” tutup Safrizal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat