androidvodic.com

Masih Terkendala Cuaca Buruk, Evakuasi Penumpang Pesawat SAM Air Ditunda Besok - News

News, JAKARTA - Tim gabungan TNI, Polri dan Basarnas kembali melakukan proses evakuasi penumpang pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air yang jatuh di Papua Pegunungan, Sabtu (24/6/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan dalam tim tersebut, ada 14 orang yang diturunkan ke lokasi menggunakan Heli Caracal HT- 7201 yang di piloti Mayor PNB Arif dan kopilot Lettu Taufik.

"Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 13.15 WIT setelah para personel selesai melakukan persiapan dan mengecek kelengkapan keselamatan masing-masing anggota yang selanjutnya bergeser ke titik jatuhnya pesawat," ujar Benny lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (24/6/2023).

Namun, saat tim sampai di lokasi, kata Benny, cuaca yang buruk kembali melanda lokasi sehingga proses evakuasi kembali ditunda.

"Karena terkendala cuaca yang buruk di sekitar titik lokasi jatuhnya pesawat SAM Air PK–SMW, personel mengambil tindakan untuk tidak melanjutkan pencarian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Benny.

"Sehingga diputuskan untuk dilanjutkan besok pagi, Minggu, 25 Juni," imbuh dia.

Saat ini, belum bisa dipastikan kondisi para penumpang pesawat yang berjumlah enam orang tersebut.

Untuk informasi, Pesawat maskapai penerbangan Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air ditemukan dengan kondisi terbakar di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023).

Pesawat dengan nomor penerbangan PK-SMW itu ditemukan jatuh di hutan Papua, 12 kilometer dari arah timur Bandara Elelim.

"Kurang lebih 12 kilometer pesawat itu ditemukan oleh patroli udara helikopter dari Wamena."

"kondisinya terbakar hangus," kata Kapolres Yalimo Kompol Rudolof Yabansabra, Jumat, dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air dengan nomor penerbangan PK-SMW yang sempat dikabarkan hilang kontak pada Jumat (23/6/2023) pukul 11.07 WIT, kini ditemukan jatuh di Yalimo, Papua Pegunungan.
Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air dengan nomor penerbangan PK-SMW yang sempat dikabarkan hilang kontak pada Jumat (23/6/2023) pukul 11.07 WIT, kini ditemukan jatuh di Yalimo, Papua Pegunungan. (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Rudolof mengatakan, hingga kini tim SAR gabungan belum menurunkan tim ke lokasi karena terkendala faktor cuaca dan lokasi yang sulit dijangkau.

"Belum bisa, cuacanya kurang bagus dan daerahnya gunung," kata Rudolof

Menurut Rudolof, saat ini tim SAR gabungan tengah melakukan koordinasi untuk menurunkan tim ke lokasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat