androidvodic.com

Ribuan Warga Muhammadiyah Salat Iduladha di Alun-alun Karanganyar - News

News, KARANGANYAR - Ribuan orang warga Muhammadiyah mulai berdatangan ke Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2023) sejak pukul 05.30 WIB.

Ribuan jemaah tersebut menunaikan Salat Iduladha 1444 H.

Baca juga: Polda Metro Jaya Kerahkan 2.312 Personel Gabungan Amankan Pelaksanaan Ibadah & Masa Libur Iduladha

Dari pantauan di lokasi, jemaah berdatangan silih berganti di Alun-alun Karanganyar pukul 05.30. Bertindak selaku imam Salat Iduladha dalam kesempatan tersebut yakni, Ustadz Roza Basri Salafudin dan khotib, Ngadino. 

Dalam khotbahnya, Bendahara Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Ngadino mengajak jamaah Salat Iduladha meneladani kisah dari Nabi Ibrahim yang rela berkorban untuk meraih kasih sayang Allah SWT. 

"Setiap manusia dalam mengarungi samudra kehidupan perlu menjalani perjuangan, pengorbanan dan keikhlasan. Dengan begitu manusia lebih tentram tanpa menyakiti satu sama lain karena ego semata," katanya. 

Adapun PDM Karanganyar memusatkan penyelenggaraan Salat Iduladha 1444 di Alun-alun Karanganyar. Sekretaris PDM Karanganyar, Sarilan M Ali menambahkan, ada 50 titik lokasi penyelenggaraan salat yang tersebar di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Diduga Maling Handphone, Seorang Pria Diamankan Usai Salat Iduladha di Masjid Agung Al Azhar

Di antaranya, Lapangan Desa Gawanan Colomadu, Lapangan Baturan, Komplek Masjid Ash Shofa Blulukan, SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar dan halaman DPRD Karanganyar. 

"Salat dipusatkan di Alun-alun. Selain itu ada 50 titik lokasi salat di 17 kecamatan mulai dari masjid muhammadiyah, kantor unit amal, dan tanah lapang," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, pemerintah akan menggelar Salat Iduladha yang dipusatkan di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar pada Kamis (29/6/2023).

Menurutnya pemerintah telah bijaksana dengan memberikan cuti bersama yang cukup lama bertepatan dengan momen Idul Adha tahun ini.

Baca juga: Libur Panjang Iduladha 2023, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas 

Kebijakan tersebut dapat mengakomodir dan melegakan semua pihak. (Ais). 

Penulis: Agus Iswadi

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Ribuan Warga Muhammadiyah Ikuti Salat Idul Adha di Alun-alun Karanganyar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat