androidvodic.com

Kunjungi Warga Terdampak Gempa di Bantul, Gubernur DIY Ingatkan Warga Saling Membantu - News

News, BANTUL - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta agar saling membantu terkait gempa yang mengguncang Kabupaten Bantul.

Sri Sultan meninjau rumah warga terdampak bencana gempa di RT 6, Padukuhan Bangen, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Sabtu (1/7/2023) siang.

Baca juga: BMKG Ungkap Ada 45 Kali Gempa Susulan di Yogyakarta

Dalam kunjungannya itu, Ngarsa Dalem mengingatkan kepada masyarakat mengutamakan nilai gotong royong saat bencana gempa maupun bencana yang lain terjadi.

"Saya kira, mana yang memang rusak ringan masyarakat bisa bergotong-royong sesama tetangga untuk bisa saling membantu," tuturnya.

Ia pun berharap kepada masyarakat yang terdampak bencana tersebut untuk tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah.

Akan tetapi, jika hal itu dirasa perlu, maka masyarakat bisa menyampaikan keperluannya kepada pemerintah daerah maupun pemerintah setempat.

"Kalau memang perlu bantuan, dari Pemda bisa membantu. Tapi, jangan hanya berharap bantuan saja. Tapi, bagaimana masyarakat itu bisa mempertahankan gotong-royong untuk sesamanya," tutur Ngarsa Dalem.

Baca juga: 4 Dampak Gempa Bantul, Jumlah Bangunan yang Rusak hingga Korban Jiwa

Kendati demikian, dalam tinjauannya itu Ngarsa Dalem turut menyerahkan bantuan berupa logistik dan didampingi oleh sang istri GKR Hemas, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, hingga sejumlah stakeholder. (Nei)

Penulis: Neti Istimewa Rukmana

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Sri Sultan Hamengku Buwono X Tinjau Warga Terdampak Gempa di Bantul: Pertahankan Gotong Royong

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat