androidvodic.com

Kabupaten Banyuasin Jadi Tuan Rumah Harganas, Simak Tips Bentuk Kebiasaan Makan Baik Anak Sejak Dini - News

News, BANYUASIN- Pemerintah menunjuk Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023 yang ke-30, dan memilih tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”.

Wakil Presiden Maruf Amin dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023 tersebut.

Baca juga: Kepala BKKBN: Hari Keluarga Nasional Momentum Percepatan Penurunan Stunting

Demi kelancaran Harganas 2023 dan persiapan kedatangan Maruf Amin, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Bupati Banyuasin Askolani turun langsung memastikan kesiapan lokasi dan berbagai hal terkait kegiatan tersebut.

Hal ini juga memastikan agar kejadian tak diinginkan dalam peringatan Harganas 2023 di Banyuasin dapat dihindari.

Cegah stunting

Jelang pelaksanaan Harganas tersebut, Nestle menyelenggarakan seminar gizi bagi komunitas ibu.

Tujuannya meningkatkan pengetahuan para ibu tentang stunting, mulai dari dampak stunting bagi anak usia sekolah, bagaimana cara pencegahan stunting hingga mengenalkan kebiasaan sehat melalui konsumsi protein hewani.

Hadir sebagai narasumber adalah Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan. Ali membagikan tips bagi para orangtua dalam membentuk kebiasaan makan baik sejak dini.

Pertama menurutnya, menyiapkan porsi makan dengan panduan Isi Piringku, porsi makan anak adalah 1/3 orang dewasa atau sesuai dengan kapasitas tampung lambung anak.

Ukuran lambung yang dimiliki oleh pada anak-anak lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menyadari kapasitas lambung yang dimiliki oleh anak saat menyajikan makanan.

Porsi makan yang disarankan adalah seperempat–sepertiga orang dewasa (± 400 ml).

Baca juga: Hari Keluarga Nasional Jadi Momentum Tingkatkan Peran Keluarga dalam Percepat Penurunan Stunting

“Penyajian porsi makan yang sesuai dengan kapasitas lambung anak dapat membantu mencegah anak merasa terlalu kenyang atau kelebihan makan, namun apabila porsi makan terlalu besar dapat membuat anak sulit untuk mencerna makanan dengan baik," katanya.

"Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah pencernaan dan membuat anak menjadi tidak nyaman. Selain itu, anak juga akan merasa terbiasa dengan jumlah makanan yang cukup sehingga dapat membentuk kebiasaan makan yang baik dan sehat,” ujar Prof Ali Khomsan saat jadi narasumber seminar Gizi Pencegahan Stunting jelang Peringatan Harganas 2023 di Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (3/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat