androidvodic.com

Gelar Tiktok Challenge Bulan Bung Karno, Ananta Wahana Singgung Upaya Bumikan Pancasila di Banten - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, TANGERANG - Bakal calon (Bacalon) anggota DPD RI, Ananta Wahana menggelar 'Tiktok Challenge Bulan Bung Karno' yang bertujuan untuk lebih membumikan lagi Pancasila di Banten.

Menurut Ananta, tiktok challenge selain untuk memperingati Bulan Bung Karno juga merangsang generasi muda mencari tahu tentang sejarah Pancasila dan Bung Karno.

Pasalnya, kata Ananta, banyak sejarah penting yang harus disampaikan atau diketahui masyarakat khususnya generasi muda.

"Saya sengaja mengadakan tiktok challenge sebab generasi muda hari ini giat di media sosial, salah satunya di tiktok," kata Ananta pada acara penganugerahan pemenang 'Tiktok Challenge Bulan Bung Karno' di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, dikutip Senin (10/7/2023).

Ananta menilai, tiktok challenge terbukti efektif karena mayoritas peserta merupakan anak muda dengan segala kreatifitasnya menyampaikan pesan-pesan Pancasila dan Bung Karno.

Baca juga: Prabowo Subianto Jelaskan Alasan Tak Hadiri Acara Bulan Bung Karno, Akhir Pekan Kemarin

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga terus membumikan Pancasila khususnya di Banten ini, dan mencintai penggagasnya, yaitu Bung Karno" imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Abraham Garuda Laksono mengatakan, tiktok challenge yang digelar sebagai bentuk edukasi sejarah Pancasila dan Bung Karno.

"Tiktok challenge ini kan refleksi sejarah Pancasila dan Bung Karno dengan melibatkan kaum milenial," ujarnya.

Kegiatan semacam ini, lanjut Abraham, sangat diperlukan agar generasi milenial tidak lupa akan sejarah bangsanya.

Kendati demikian, sambung Abraham, Pancasila yang merupakan Ideologi Indonesia haruslah berorientasi kepada tingkah laku.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid Ikut Hadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno di GBK

Menurut Abraham, Pancasila adalah filosfiche groundslag atau weltanshaung (ideologi). Maka perangkat keyakinan ini haruslah action oriented yang menghasilkan perbuatan.

"Kalau tidak menghasilkan perbuatan, ya, namanya hanyalah angan-angan atau keinginan belaka saja," jelasnya.

Sementara itu, Regina pemenang tiktok challenge yang berhasil meraih juara 2 dengan tema Bung Karno dan Pancasila menyebut bahwa Ananta Wahana sosok nasionalis sejati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat