androidvodic.com

Jurus Jitu Pemerintah Kota Solok Entaskan Angka Kemiskinan Ekstrem  - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTAWali Kota Solok, Zul Elfian Umar bertekad untuk terus mengentaskan angka kemiskinan ekstrem di Solok melalui program GEBUK SAKUKU.

"Dari kegiatan itu Kota Solok, alhamdulillah sekarang angka kemiskinannya termasuk yang paling rendah di Indonesia nomor 10 terendah data terakhir yang 2022," ujar Zul saat berbincang dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra, di Kantor Tribun Network, Palmerah, Jakarta, Senin (10/7/2023). 

GEBUK SAKUKU merupakan akronim dari ‘Gerakan Seribu Koin untuk Saudaraku yang Kurang Mampu’.

Masyarakat diajak untuk menyisihkan koin minimal sebesar seribu rupiah setiap harinya. 

Ia membeberkan, gerakan positif ini membantu masyarakat miskin melalui partisipasi ASN dan warga dalam bentuk sumbangan, sedekah, dan infak. 

Program unggulan ini telah diluncurkan sejak 2019 lalu dan hingga saat ini terus berjalan.

Zul memaparkan, dana yang terkumpul akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu, memperbaiki rumah kurang layak huni, sanitasi, hingga memberikan bantuan modal usaha.

"Kami menerima laporan banyak yang sudah terbantu ada masyarakat, anak-anak yang membutuhkan baju sekolahnya
 Sehingga beban pemerintah juga bisa berkurang dengan bersama-sama membantu," terang dia.

Ke depan, dirinya berharap melalui gerakan tersebut angka kemiskinan ekstrem di kota Solom bisa ditekankan hingga 0 persen seperti target yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insyaallah tahun ini kita tuntaskan karena memang perintah bapak presiden tahun 2024 selesai enggak ada lagi masyarakat kita yang tergolong miskin ekstrim," harapnya. 

Dalam pendistribusian dana yang terkumpul dari celengan koi dikelola oleh oleh Dinas Sosial Kota Solok.

Baca juga: Dermawan, Warga Solok Gotong-royong Tekan Kemiskinan Ekstrem Lewat Gebuk Sakuku

"Celengannya tidak saja ada di masjid tapi juga di rumah-rumah kita disediakan. Terkumpul dan cukup membantu masyarakat. Inilah masyarakat bersama-sama mengatasi persoalan sosial," urai Zul.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat