androidvodic.com

Kecelakaan Tunggal di Jalur Solo-Semarang, Truk Ringsek Usai Tabrak Tiang dan Menewaskan Pengemudi - News

Laporan Wartawan Tribun Banyumas Reza Gustav Pradana

News, UNGARAN -  Sebuah truk dump bermuatan pasir dengan pelat L 9149 Y mengalami kecelakaan tunggal menabrak tiang.

Truk terguling hingga mengenai pagar sebuah bangunan Jalur Solo-Semarang, tepatnya di dekat sebuah minimarket, Jalan Soekarno-Hatta, Bawen, Kabupaten Semarang pada Kamis (13/7/2023) sekitar pukul 05.40 WIB.

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra melalui Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan C, menyampaikan bahwa pengemudi truk meninggal dunia dalam kecelakaan bernama Muhammad Makfur (35), warga Kabupaten Demak Jawa Tengah.

"Saat kejadian truk berjalan dari arah Magelang menuju Semarang.

Sampai di turunan Bawen diduga rem tidak berfungsi sehingga membanting truk ke kiri dan menabrak ruko tempat vulkanisir ban yang belum ada aktivitas,” ungkap Kasatlantas.

Baca juga: Cerita Petani di Kabupaten Magelang Terima UGR Tol Jogja-Bawen Rp2,2 Juta, Mengaku Tetap Bersyukur

Seorang saksi mata, Muh Roni (62), mengatakan bahwa sebelum kecelakaan, truk tersebut sempat tampak oleng saat melaju di jalanan menurun.

Roni saat kejadian  sedang membuka tambal ban yang jaraknya sekitar 200 meter sebelum lokasi kejadian.

"Saat saya di bengkel, melihat truk dari arah atas sudah berjalan oleng, kemudian saya keluar dari bengkel dan melihat truk tersebut sudah berjalan turun ke arah lokasi kejadian,” kata Roni. 

Seusai kecelakaan itu, arus lalu lintas mengalami kepadatan dan mengular di jalur Bawen menuju arah Semarang.

Polisi kemudian melakukan pengaturan lalu lintas serta berupaya mengevakuasi truk tersebut.

Truk dievakuasi dengan ditarik menggunakan dua mobil derek pada sekitar pukul 09.00 WIB.

AKP Himawan mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas di jalur Kabupaten Semarang untuk berhati-hati dan memerhatikan kelayakan kendaraan yang digunakan.

“Selain itu, apabila terjadi kecelakaan, jangan berhenti di lokasi dan tetap meneruskan perjalanannya karena akan mengganggu arus lalu lintas pengguna jalan lain,” pungkas dia. 

Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Kronologi Kecelakaan Truk di Bawen Kabupaten Semarang, Oleng lalu Tabrak Tiang, 1 Korban Tewas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat