androidvodic.com

KAI: Truk Tipe Lowbed Riskan Lewati Perlintasan Kereta yang Tinggi - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI, Sandry Pasambuna mengatakan kejadian kecelakaan kereta api yang terjadi pada Selasa (18/7/2023) malam di Jalan Madukoro, Kota Semarang disebabkan truk berhenti di tengah perlintasan.

Truk berjenis lowbed tersebut tak bisa bergerak saat di tengah perlintasan kereta lantaran bagian bawah truk tersangkut.

Baca juga: Kecelakaan Kereta Api di Semarang, Sopir dan Kernet Truk Tailer Masih Berstatus Saksi

"Semalam lowbednya tersangkut di lintasan ini sehingga tidak bisa bergerak," kata Sandry dalam tayangan Kompas TV, Rabu (19/7/2023).

Hal ini bisa terjadi karena perlintasan kereta api di JPL nomor 6 Jalan Madukoro Semarang, Jawa Tengah punya permukaan yang lebih tinggi dari jalan raya.

Sedangkan truk yang tersangkut punya ground atau jarak antara badan truk bagian bawah dengan aspal terbilang pendek.

"Seperti ini jalannya tinggi, karena mengimbangi kondisi permukaan air yang kita ketahui bersama bahwa di Semarang ini permukaan air suatu saat kadang kala suka naik, sehingga ada beberapa jalur kita yang agak tinggi," katanya.

Baca juga: Identitas Korban Luka-luka Kecelakaan Kereta Api Brantas, Korban Panik dan Loncat dari Gerbong

Berkenaan dengan itu PT KAI mengimbau khususnya kepada pengusaha transportasi truk untuk mengecek terlebih dulu perlintasan kereta yang akan dilalui sebelum melintas agar kejadian serupa tidak terulang.

"Kami sampaikan kepada masyarakat, pengguna perlintasan sebidang yang mana khususnya kepada pengusaha transportasi truk, sebelum melewati perlintasan yang ada jalur kereta api tolong dicek terlebih dulu jalannya," kata Sandry.

"Untuk truk yang tipe lowbed itu sangat riskan melintasi daerah perlintasan ini," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kecelakaan antara kereta api dengan truk trailer terjadi di Jalan Madukoro, Kota Semarang pada Selasa (18/7/2023).

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, terlihat awalnya truk trailer yang berhenti di perlintasan kereta tersebut.

Tidak lama kemudian, datang kereta dan lamgsung menabrak kereta tersebut hingga terseret beberapa meter ke sebuah jembatan.

Dari video yang beredar juga, terlihat kobaran api yang cukup besar menyala setelah kereta tersebut menabrak truk tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat