androidvodic.com

Polisi Libatkan Tim TAA untuk Cari Penyebab Kecelakaan Kereta vs Truk Trailer di Semarang - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JATENG - Polisi masih melakukan penyelidikan terkait kecelakaan antara Kereta Api dengan truk trailer pada Selasa (18/7/2023) malam.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M. Iqbal Alqudusy mengatakan saat ini pihaknya menurunkan tim Traffic Accident Analysis (TAA) untuk menyelidiki penyebab kecelakaan.

"Menurunkan tim TAA (Traffic Accident Analysis) Ditlantas Polda (Jateng) untuk mengetahui detail penyebab kecelakaan," kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

Dari keterangan saksi-saksi di lokasi, Iqbal menyebut dugaan sementara truk trailer itu mogok saat melintas di rel kereta api.

"Berdasarkan keterangan saksi di TKP penyebab awal kecelakaan karena truk Mogok di perlintasan Kereta Api," tuturnya.

Baca juga: Mengenal Rangkaian KA Brantas yang Tabrak Truk di Semarang, Tarif hingga Kecelakaan yang Dialami

Sebelumnya, sebuah kecelakaan antara kereta api dengan truk trailer terjadi di Jalan Madukoro, Kota Semarang pada Selasa (18/7/2023).

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, terlihat awalnya truk trailer yang berhenti di perlintasan kereta tersebut.

Tidak lama kemudian, datang kereta dan lamgsung menabrak kereta tersebut hingga terseret beberapa meter ke sebuah jembatan.

Dari video yang beredar juga, terlihat kobaran api yang cukup besar menyala setelah kereta tersebut menabrak truk tersebut.

Terkait itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Suryo Nugroho membenarkan insiden tersebut.

Setelah mendapat laporan, Agus menyebut pihaknya langsung datang ke lokasi sekitar pukul 19.44 WIB.

"Pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2023 sekira pukul 19.44 WIB, Anggota Lantas Polsek Semarang Barat beserta Unit Gakkum Polrestabes Semarang melaksanakan tinjauan TKP kecelakaan l lalu lihtas di Jalan Madukoro perlintas KA palang pintu Kota Semarang," kata Agus dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, satu orang yang merupakan penumpang kereta terluka akibat lompat dari kereta.

Belakangan diketahui, sopir dan kernet truk trailer itu ternyata sempat meminta tolong saat kendaraannya mogok.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar mengatakan sopir dan kernet truk meminta tolong kepada petugas palang pintu kereta api saat itu.

"Jadi tadi truk ini tiba-tiba mogok di atas (rel) kereta api kemudian driver atau sopir dan kernet berupaya meminta tolong petugas palang kereta yang ada di sini," kata Irwan dalam keterangannya, Selasa (18/7/2023).

Namun, karena kereta api tersebut segera melintas, sehingga tidak sempat untuk memindahkan truk yang berhenti di rel kereta api tersebut.

"Tidak sempat (ditolong) karena keretanya sudah keburu mendekat sehingga terjadi kecelakaan," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat