androidvodic.com

Detik-detik Masinis KA Brantas Selamatkan 626 Penumpang, Polisi Sebut Tindakan Masinis Sesuai SOP - News

News - Masinis dan asisten masinis Kereta Api (KA) 112 Brantas rute Pasar Senen-Blitar menjalani pemeriksaan terkait kecelakaan kereta yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah

Keduanya memberikan keterangan di kantor Satlantas Polrestabes Semarang pada Jumat (21/7/2023) dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

Masinis yang bernama Aribowo dan asistennya yang bernama Budi Winarno menjawab 30 pertanyaan yang dilontarkan penyidik untuk mengungkap kecelakaan antara KA Brantas dengan truk trailer.

Setelah pemeriksaan selesai, Masinis Aribowo mengaku dapat selamat dari kecelakaan tersebut merupakan keajaiban dari tuhan.

Ia tidak memberikan keterangan terkait proses pemeriksaan yang telah dijalani.

Baca juga: Kereta Seruduk Truk di Semarang, Publik Soroti Sistem Pengereman Kereta Api, Ini Penjelasan KAI

Diketahui, di dalam KA Brantas terdapat 626 penumpang dengan rangkaian yang terdiri dari 3 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi, dan 1 kereta pembangkit.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun ada satu penumpang wanita yang mengalami luka-luka karena loncat dari gerbong.

Ketika kecelakaan, masinis dan asistennya sempat memberikan imbauan ke penumpang untuk turun dari sisi barat lantaran sisi timur gerbong sudah terbakar.

Kanit Laka Satlantas Polrestabes Semarang AKP Adji Setiawan menjelaskan asisten masinis yang terlebih dahulu mengetahui sisi timur kereta sudah terbakar.

Kemudian keduanya menghalau penumpang turun dari sisi timur kereta.

"Di sebelah kanan tidak bisa dilalui sehingga asisten masinis berjalan ke arah timur. Masinis lewat dek lokomotif untuk keluar dari kobaran api," ungkapnya, Jumat (21/7/2023), dikutip dari TribunJateng.com.

Bahkan sebelum tabrakan terjadi, masinis sudah memberikan imbauan kepada penumpang yang berada di gerbong depan untuk berpindah ke gerbong belakang.

Baca juga: Sopir Truk Trailer yang Ditabrak Kereta Api Brantas di Semarang Bantah Kabur: Saya Akui Salah Jalur

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, langkah yang diambil masinis dan asistennya sudah tepat baik ketika sebelum dan sesudah kecelakaan.

"Keterangan pemeriksaan sudah melakukan mekanisme SOP perkeretaapian," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat