androidvodic.com

Ratusan Warga Cimahi Keracunan Diduga Usai Santap Nasi Kotak Acara Anggota DPRD - News

News, JAKARTA - Raturan orang di Kota Cimahi, Jawa Barat, mengalami keracunan usai mengikuti acara reses anggota DPRD Fraksi PPP Kota Cimahi di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Minggu (24/7/2023).

Keracunan diduga bersumber dari nasi kotak yang diberikan saat acara tersebut.

Mengutip TribunJabar, sejumlah ambulans silih berganti berdatangan untuk mengantarkan korban keracunan nasi kota ke RSUD Cibabat, RS Dustira, RS Mitra Kasih, dan rumah sakit lainnya.

Baca juga: Puluhan Karyawan Pabrik di Bandung Keracunan Makanan, Konsumsi Nasi dan Telur

Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, berdasarkan data sementara korban yang mengalami keracunan itu lebih dari 150 orang, namun jumlahnya terus berubah-ubah karena keluar masuk rumah sakit.

"Korban terbagi di semua rumah sakit, kita utamakan penanganannya, besok kita pantau perkembangannya," ujarnya saat menjenguk korban keracunan di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, Minggu (23/7/2023) malam.

Pihaknya memastikan, semua korban yang dibawa ke sejumlah rumah sakit sudah ditangani dan mayoritas sudah mulai membaik, tetapi tetap masih harus mendapat perawat agar kondisinya benar-benar pulih.

"Intinya untuk pasien yang masuk ke rumah sakit, sudah tertangani semua dan kondisinya semua relatif mulai membaik," kata Dikdik.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Mitra Kasih, Dewi, mengatakan berdasarkan data sementara ada 80 korban yang ditangani dengan rincian 50 dirawat inap dan 30 menjalani rawat jalan.

"Itu baru data kasar kami, beberapa pasien ada yang kami rujuk karena kapasitasnya (rumah sakit) sudah penuh. Untuk kondisinya rata-rata dehidrasi sedang, tidak ada yang berat," ucap Dewi.

Ia mengatakan, untuk penanganan korban diutamakan untuk orangtua dan anak kecil karena dehidrasinya cepat, sedangkan untuk yang tidak ada muntah biasa hanya disuntik dan berobat jalan.

"Kalau pasien yang muntah berulang akan diinfus dan dirawat inap, terutama lansia dan anak-anak," katanya.

Sekretaris PPP Kota Cimahi, Siti Yanti Abintini mengatakan, berdasarkan informasi dari anggota DPRD Fraksi PPP yang menggelar kegiatan ada sekitar 350 warga yang datang menghadiri acara reses tersebut.

"Betul ada peserta kegiatan (reses anggota DPRD) yang keracunan diduga dari makanan. Untuk saat ini, semua korban sudah dilakukan penanganan," ujarnya.

Awal Mula Kejadian

Puluhan warga Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi mengalami keracunan hingga mereka harus mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas, pada Minggu (23/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat