androidvodic.com

Relawan Kiai Muda Ganjar Gelar Doa Bersama dan Cek Kesehatan Gratis Warga Desa di Situbondo - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Kiai Muda Jawa Timur, mengadakan cek kesehatan gratis bagi warga Desa Wringinanom, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan ini digelar di sela-sela acara silaturahmi dan doa bersama untuk calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.

"Hari ini di Kabupaten Situbondo kami mengadakan cek kesehatan gratis untuk penduduk dan masyarakat. Kami fokuskan ke penyakit degeneratif, cek kolesterol asam urat dan darah tinggi," kata Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur, Ali Baidlowi, Selasa (25/7/2023).

Gus Ali menerangkan penyakit degeneratif rerata diidap oleh orang berusia lanjut dan tak menutup kemungkinan menyerang kaum muda. 

Penyakit tersebut antara lain diabetes, asam urat dan hipertensi atau darah tinggi. Penyakit ini datang diakibatkan pola hidup tidak sehat sehingga memicu perubahan fungsi organ dalam tubuh.

Sehingga lewat pengecekan kesehatan, warga Desa Wringinanom dapat mendeteksi potensi penyakit yang ada di dalam tubuh, serta bisa memperbaiki pola hidup sehat.

"Karena, kolesterol, asam urat, darah tinggi hari ini hampir semua orang bisa terkena. Maka, kami pikir penting sekali untuk mereka apalagi yang 35-40 tahun ke atas diperlukan kemandirian untuk bisa mengecek kesehatan kita sendiri," ujarnya.

Baca juga: Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Pekerja Muda di Kuningan

Dalam kesempatan itu juga digelar kegiatan doa bersama yang dipimpin tokoh kiai setempat guna kelancaran dan keberhasilan Ganjar dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Para sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur turut menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 kepada warga yang hadir di lokasi.

"Yang kedua, kita mengadakan sosialisasi dan doa bersama untuk Pak Ganjar semoga 2024 menjadi Presiden Republik Indonesia," ungkap Gus Ali.

Bantuan berupa peralatan untuk cek kesehatan secara mandiri juga diberikan kepada pimpinan Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi Ien Kabupaten Situbondo.

Bantuan cek kesehatan mandiri ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk melayani warga khususnya anggota majelis taklim.

"Tadi kami serahkan bantuan alat kesehatan 3 in 1 (kolesterol, asam urat dan darah tinggi) lalu stetoskop juga (alat) cek tensi darah dan peralatan yang menunjang cek kesehatan mandiri," tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Madrasah Diniah dan Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi Ien Kabupaten Situbondo, Ali Shodiq Asa mengakui kegiatan yang diinisiasi kelompok Kiai Muda Ganjar sesuai dengan kebutuhan warga desa.

Menurutnya dengan adanya cek kesehatan dan pemberian bantuan alat cek kesehatan secara mandiri, warga bisa mengecek penyakit di sela-sela waktu pengajian rutin di majelis taklim.

Oleh karena itu, Ali mengucapkan terima kasih kepada kelompok sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur dan menyatakan dukungannya untuk Ganjar dengan harapan dapat meneruskan kepemimpinan presiden terdahulu.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi warga majelis taklim kami, Majelis Taklim Hidayatul Mubtadi Ien. Di mana, warganya adalah orang-orang sepuh (lanjut usia). Jadi, betul-betul sangat matching (sesuai kebutuhan) sangat bermanfaat," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat