androidvodic.com

Kemenkes Diminta Tingkatkan Fasilitas Sarana Prasarana dan SDM di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP Nurhayati Effendi, mengusulkan agar Kementerian Kesehatan RI meningkatkan fasilitas RSUD dr Soekardjo di Kota Tasikmalaya, baik dalam hal sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Nurhayati saat menghadiri kegiatan Germas di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Kamis (27/7/2023).

Baca juga: Jokowi akan Kirimkan Peralatan Operasi Katarak ke RSUD Kepahiang Bengkulu

Menurutnya, saat ini RSUD dr Soekardjo memerlukan perhatian khusus karena berfungsi sebagai rumah sakit rujukan di kawasan Priangan Timur, sementara fasilitas yang dimilikinya belum optimal.

Dia pun mengungkit standarisasi yang dikeluarkan oleh WHO terkait rasio tempat tidur di sebuah rumah sakit, dimana idealnya, satu rumah sakit memiliki 1 tempat tidur untuk setiap 1000 penduduk.

"Jadi kalau menurut WHO per-1000 penduduk itu satu tempat tidur, satu dokter, dan satu tenaga kesehatan, tetapi di Tasikmalaya ini sangat-sangat jauh. Karena kalau kita lihat di Priangan Timur, itu, kan, ada sekitar 10 juta penduduk, artinya, harus ada 10.000 tempat tidur, sementara ini yang tersedia mungkin tidak lebih dari 2500 tempat tidur," ujarnya.

Terkait respons Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), yang kebetulan juga hadir dalam kesempatan tersebut, Nurhayati menyatakan bahwa pihak Kementerian telah memberikan dukungan atas usulannya itu.

Dia menyebut bahwa rencana peningkatan fasilitas RSUD dr Soekardjo sudah masuk dalam perencanaan dan akan diwujudkan pada tahun 2024 mendatang.

"Bahkan pada tahun 2023 ini Kemenkes juga telah mengalokasikan anggaran sebesar 11,5 miliar rupiah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini sebagai salah satu syarat dimana sebelum peningkatan sarana prasarana dilakukan, peningkatan SDM harus dilaksanakan terlebih dahulu," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat