androidvodic.com

PMI DKI Jakarta Bangun Sarana Pendidikan Bantu Korban Erupsi Semeru di Lumajang - News

News, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang berupa sarana pendidikan.

Bantuan itu yakni mendirikan TK. Raudlatul Mustofa 02 di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang atau lebih tepatnya di lokasi hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) Bumi Semeru. 

Bangunan tersebut terdiri dari 4 ruang yaitu ruang kelas, ruang UKS, ruang guru dan ruang kepala sekolah, termasuk toilet dan kamar mandi dilengkapi sarana prasarana belajar seperti meja, bangku, papan tulis dan sarana bermain bagi anak-anak.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DKI Jakarta Edwar Bachtiar yang mewakili Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, sumber dana yang diperoleh untuk mendirikan sarana pendidikan ini bersumber dari sumbangan masyarakat serta pengusaha yag berada di Jakarta.

"TK. Raudlatul Mustofa 02 ini kami serahkan melalui Pemkab Lumajang, karena sesuai dengan mandatnya PMI membantu Pemerintah dalam menanggulangi bencana. Harapan kita bersama semoga anak-anak dapat tumbuh dan menjadi generasi pemimpin yang berguna bagi Bangsa dan Negara,” kata Edwar Bachtiar, dalam keterangannya Kamis (3/8/2023).

Sementara itu, Kepala Satuan Pendidikan TK. Raudlatul Mustofa 02, Arbaatun menjelaskan sebelumnya TK. Raudlatul Mustofa 02 berada di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang Jawa Timur.

Namun karena dampak erupsi Semeru sekolah rusak dan akhirnya para guru beserta anak-anak berada di pengungsian.

Walaupun terdampak bencana erupsi Semeru, para guru tetap mengikuti arahan dari Bapak Kepala Dinas bahwa anak-anak tetap wajib belajar.

Sehingga dewan guru tetap melakukan pembelajaran di tenda belajar.

“Kami mulai melakukan pembelajaran di tenda belajar pada bulan Desember 2021 sampai dengan Januari 2023, kemudian kami juga mendapatkan bantuan dari benihbaik.com maupun Tokopedia berupa aula sebagai sarana untuk tempat belajar dan mengajar anak-anak,” ucap Arbaatun.

Arbaatun mengucapkan terima kasih kepada PMI DKI Jakarta, yang telah memberikan fasilitas sarana pendidikan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada PMI Provinsi DKI Jakarta semoga apa yang telah diberikan kepada Lembaga kami, bermanfaat untuk anak-anak dalam meraih cita-cita dimasa yang akan datang," ujarnya.

Pengawas TK sekaligus Pembina TK. Raudlatul Mustofa 02, Yasmi juga mengucapkan terima kasih kepada PMI baik di Pusat, Provinsi maupun di Kabupaten Lumajang dengan bantuan ini.

Baca juga: PMI DKI Jakarta Dapat Tambahan Satu Unit Mobil Khusus Donor Darah

Semoga kedepannya pembinaan di TK. Raudlatul Mustofa 02 ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi karena TK ini sebagai penggerak yang merupakan contoh dari Lembaga yang ada di Kecamatan Candipuro.

“Semoga PMI selalu Jaya dan Allah senantiasa melipatgandakan rejeki baik kepada PMI maupun para dermawan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Lumajang, Pemkab Lumajang serta masyarakat Lumajang karena telah memberikan kesempatan kepada PMI DKI Jakarta menyalurkan donasi dari donatur dan warga Jakarta untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu dalam bentuk pembangunan taman kanak-kanak.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian dari masyarakat Jakarta untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru,” ucap Rustam.

Rustam menambahkan, pascakejadian erupsi Gunung Semeru pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan nonfood melalui PMI Kabupaten Lumajang sebanyak dua gelombang (dua kali pengiriman) .

"Saat ini kami membangun sarana pendidikan taman kanak-kanak Raudlatul Mustofa 02 yang berlokasi di Komplek Huntara dan Huntap Bumi Semeru. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Lumajang,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat