androidvodic.com

Kompolnas Koordinasi dengan Polda Sumbar Soal Pemulangan Paksa hingga Penangkapan Warga Air Bangis - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kompolnas RI tengah berkoordinasi dengan pengawas Polda Sumatera Barat (Sumbar) terkait pemulangan paksa warga Air Bangis yang berdiam di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (5/8/2023) sore.

Komisioner Kompolnas RI, Yusuf Warsyim menyebut pihaknya sudah mendapat informasi terkait keluhan pemulangan paksa yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Baca juga: Anggota Polri Aniaya Pelaku Narkoba hingga Tewas, Kompolnas: Harus Dijatuhi Sanksi Paling Berat

"Untuk Kompolnas langsung cepat berkoordinasi dengan pengawas Polda Sumbar, agar pengawas internal memberikan atensi dan dapat memberikan penjelasan informasi yang utuh apa sebenarnya peristiwa dan fakta yang ada," kata Yusuf saat dihubungi News, Sabtu (5/8/2023).

"Intinya, Kompolnas telah memberikan atensi terhadap informasi peristiwa yang menurut warga masyarakat disebut pemulangan paksa warga," sambungnya.

Di sisi lain, koordinasi ini, kata Yusuf, juga dilakukan untuk memastikan informasi adanya belasan warga yang ditangkap saat pemulangan paksa tersebut.

"Koordinasi ini juga untuk menanyakan keluhan masyrakt terkait penangkapan belasan warga. Belum bisa disimpulkan apakah benar penangkapan ya," tuturnya.

Sebelumnya, dikutip dari TribunPadang.com, Polisi menangkap sejumlah orang saat pemulangan paksa warga Air Bangis yang berdiam di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (5/8/2023) sore.

Setidaknya ada 15 orang yang ditangkap. Dari jumlah itu, tak hanya warga Air Bangis, namun juga beberapa aktivis yang ikut mendukung unjuk rasa warga sebelumnya.

Karoops Polda Sumbar, Kombes Pol Djadjuli mengatakan, belasan orang itu ditangkap bukan tanpa alasan.

Ia menyebut mereka diamankan karena terindikasi mengajak warga tetap bertahan di Masjid Raya Sumbar.

"Beberapa orang yang terindikasi mengajak warga tetap bertahan, kita amankan," ujarnya.

Ia menambahkan sejauh ini belasan orang tersebut ditahan di Mapolresta Padang.


Dipulangkan Paksa

Warga Air Bangis, Pasaman Barat yang berunjuk rasa di Kota Padang dipulangkan paksa, Sabtu (5/8/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat