androidvodic.com

Relawan Mahasiswa Korsel Dikirim ke Indonesia, Peringati 50 Tahun Hubungan Diplomatik Dua Negara   - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BOGOR - Memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan (Korsel), KT&G mengirimkan relawan dari kalangan mahasiswa ke Indonesia pada bulan lalu.

Sementara itu, mahasiswa Indonesia pun turut bergabung dengan relawan Korea ini pada 23 hingga 25 Juli lalu.

Perusahaan global yang berkantor pusat di Korsel ini berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat, karena relawan asal Indonesia dan Korea ini dapat saling berkomunikasi dan mempelajari kebudayaan masing-masing.

Dalam pengimplementasiannya, kegiatan para relawan ini berlangsung selama 10 hari di Sekolah Dasar yang ada di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini, para relawan dapat meningkatkan lingkungan belajar di SD tersebut serta menggelar kegiatan rekreasi bagi para siswa.

Kegiatan yang dijalani para relawan ini di antaranya mengecat dinding eksterior dan interior di ruang kelas serta fasilitas sekolah.

Baca juga: Belajar Konservasi Alam Indonesia, Balai TNGM Terima Kunjungan Mahasiswa IPB dan Universitas Korsel

Mereka juga membuat mural yang membuat sekolah itu tampak lebih berwarna.

Begitu pula dengan aktivitas olahraga dan kegiatan rekreasi lainnya yang mampu menciptakan lingkungan menyenangkan bagi para siswa sekolah tersebut.

Saat mahasiswa Indonesia bergabung dengan mahasiswa Korea yang menjadi relawan pada 23 Juli lalu, mereka saling membantu dalam melakukan renovasi fasilitas gedung SD.

Kemudian pada 25 Juli, relawan dari dua negara ini berkolaborasi menggelar kegiatan pertukaran budaya yang disaksikan siswa sekolah tersebut.

Saat relawan Korea menampilkan koreografi lagu-lagu K-Pop, sedangkan relawan Indonesia membawakan K-pop dan lagu pop Indonesia.

Salah satu relawan, Shinta Octavia mengaku senang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut karena memperoleh pengalaman, wawasan serta teman-teman baru.

"Lewat kegiatan sukarela ini, saya berkenalan dengan teman baru, memperluas wawasan saya, serta berkontribusi pada komunitas lokal. Saya ingin berterima kasih kepada KT&G atas kesempatan ini," kata Shinta, dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023).

Head KT&G Social Contribution Office, Young-Ah Shim mengatakan sejak 2011 pihaknya berupaya mendorong penanganan isu sosial yang dihadapi komunitas lokal.

"Dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan, kami ingin menggelar sederet kegiatan dan program lain yang ikut mempererat hubungan antara kedua negara ini," kata Young-Ah Shi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat