androidvodic.com

Antisipasi Gagal Panen, Gardu Ganjar Berikan Bantuan Mesin Pompa Air kepada Petani di Lebak - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Sukarelawan Gerakan Desa untuk (Gardu) Ganjar jaringan Jawara Banten ikut berkontribusi menyelamatkan petani dari gagal panen, karena cuaca ekstrem yang belakangan melanda beberapa daerah di Banten.

Gardu Ganjar kali ini memberikan bantuan mesin pompa air kepada para petani di Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten.

Dengan adanya mesin pompa itu, lingkungan persawahan di desa tersebut tetap terjaga dan teraliri air dengan baik.

Koordinator Gardu Ganjar Jaringan Jawara Banten Agus Suparman mengatakan, mesin pompa air ini diberikan untuk mengairi sawah milik warga yang mengalami kekeringan agar terhindar dari gagal panen.

Baca juga: Peringatan Dini Hari Ini, 12 Agustus 2023, BMKG: 16 Wilayah Potensi Terjadi Cuaca Ekstrem

"Karena puluhan hektare sawah di desa ini mengalami kekeringan, kami berinisiatif sebagai relawan memberikan bantuan ini agar bisa bermanfat bagi masyarakat Desa Buyut Mekar," kata Agus, Sabtu (12/8/2023).

Agus menjelaskan pemberian dua unit mesin pompa ini bertujuan mengantisipasi cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi.

Menurut dia, mesin pompa air ini dapat mengaliri air dari sungai ke puluhan hektare sawah petani di desa tersebut.

"Ada dua unit mesin pompa air. Bagi petani, bantuan ini sangat bermanfaat sekali karena sudah beberapa bulan di sini mengalami kekeringan. Mata pencaharian mereka kan bertani. Jadi, mereka membutuhkan ini untuk mengaliri air ke sawah-sawah mereka," ucapnya.

Selain mengatasi kekeringan, Agus berharap mesin pompa ini membantu meningkatkan produksi pertanian dengan ketersediaan air yang cukup.

"Harapannya, petani bisa memaksimalkan bantuan dari kami, memelihara dan menjaga mesin ini agar terus bermanfaat bagi mereka," ungkapnya.

Dia juga terinspirasi dari sosok bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang berfokus terhadap kesejahteraan petani melalui program-program yang telah dijalankannya di Jawa Tengah.

"Kami menilai sosok Pak Ganjar sangat antusias terhadap masyarakat di bawah. Apalagi ke petani, Pak Ganjar selalu mengedepankan kepentingan masyarakat kecil," ungkapnya.

Baca juga: Panglima TNI Siap Kerahkan Alutsista Tangani Bencana Kekeringan di 2 Distrik Papua Tengah

Bantuan ini juga merupakan cerminan bahwa Ganjar hadir untuk semua masyarakat. Diharapkan, hasil padi di wilayah itu meningkat sehingga rakyat makin sejahtera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat