androidvodic.com

Bangunan Perpustakaan SMAN 1 Ilaga Papua Hangus Terbakar, Pelakunya KKB Pimpinan Titus Murib - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

News, ILAGA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, bertepatan dengan momentum HUT Ke 78 RI, Kamis (17/8/2023).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan pelaku pembakaran adalah KKB pimpinan Titus Murib.

Baca juga: Tim Paskibra Kabupaten Puncak Ditembaki KKB saat Sedang Latihan, Tak Ada Korban Jiwa

"Kejadian ini berlangsung pada pukul 13.28 WIT di SMAN 1 Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak," Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis.

Akibat peristiwa tersebut, bangunan perpustakaan SMA N 1 Ilaga hangus terbakar.

"Aksi pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok KKB pimpinan Titus Murib (KKB Kepala Air)," ujarnya.

Dedung Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga Dibakar KKB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Titus Murib membakar gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga, Puncak, Papua Tengah. Kejadian itu terjadi bertepatan dengan momentum HUT Ke 78 RI, Kamis (17/8/2023).

Kronologi Pembakaran

Menurut Benny menjelaskan, awalnya informasi tentang kebakaran tersebut pertama kali diterima oleh Personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru.

"Melalui saluran komunikasi Channel HT Jajaran TNI-Polri Ilaga, asap tebal terlihat berasal dari bangunan Kompleks Sekolah Ilaga."

"Tanggap cepat dari aparat Gabungan TNI-Polri Ilaga pun segera terjadi. Mereka meluncur menggunakan 2 unit kendaraan roda empat jenis rantis dan truk menuju lokasi kejadian," sambung Benny.

Setelah sampai ke TKP, kata Benny, aparat melakukan penyisiran.

Baca juga: Tukang Galon di Distrik Dekai Papua Terluka Parah, Polisi Menduga Pelakunya Anggota KKB

"Sempat diganggu oleh bunyi tembakan pistol yang terdengar berasal dari arah belakang SMA N 1 Ilaga, walaupun sempat melakukan tembakan balasan, namun aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari Kelompok KKB," ujarnya.

Ia menambahkan, meski bangunan Perpustakaan SMAN 1 Ilaga telah menjadi korban aksi pembakaran, situasi wilayah masih tetap diawasi dengan ketat oleh seluruh Aparat Keamanan TNI-Polri.

"Mereka berada dalam status Siaga 1, siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin dilakukan oleh Kelompok KKB," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul KKB Pimpinan Titus Murib Berulah Lagi, Bakar Bangunan Perpustakaan SMAN 1 Ilaga Papua Tengah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat