androidvodic.com

Viral Mahasiswa UIN Bukittinggi Tolak Gubernur Sumbar: Pihak Kampus Malu, Orator akan Disanksi - News

News - Viral di media sosial aksi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Sumatera Barat menolak kedatangan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi.

Padahal, kedatangan Mahyeldi dalam rangka memenuhi undangan pimpinan UIN Bukittinggi untuk memberi kuliah umum ke mahasiswa baru.

Peristiwa itu terjadi saat Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) kepada ratusan mahasiswa baru, Selasa (22/8/2023).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @padanginfo_id, terlihat seorang mahasiswa mengenakan jaket almamater berwarna hijau dan menyuarakan penolakan kedatangan Mahyeldi.

Belum sempat Mahyeldi menyampaikan materinya, beberapa mahasiswa yang terdiri dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Bukittinggi langsung berorasi dan membentangkan spanduk

Terlihat mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan “Tuntaskan Isu PSN Pak Gub”.

Baca juga: Viral Pria Epilepsi jadi Korban Penganiayaan, Dituding Hendak Curi Motor

Berdasarkan keterangan dalam postingan tersebut, mahasiswa mengambil mikrofon dan menyampaikan sejumlah tuntutan.

Dalam video itu pula terlihat dan terdengar orasi yang disampaikan disambut riuh oleh banyak mahasiswa yang duduk di tengah aula.

Akibat demo tersebut, Gubernur Mahyeldi tidak jadi menyampaikan materi dan pergi dari ruangan.

Presma Dema UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Ahmad Zaki mengatakan, mahasiswa menolak Mahyeldi memberikan materi karena persoalan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Air Bangis, Pasaman Barat tidak kunjung diselesaikan.

"Aksi kawan mahasiswa ini menolak kedatangan Gubernur Mahyeldi yang mana akan memberikan materi tentang orasi ilmiah, kami menolak keras karena masalah Air Bangis belum selesai," ujarnya Ahmad Zaki, Selasa (22/8/2023), dikutip dari TribunPadang.

Zaki menuturkan, mahasiswa UIN Bukittinggi kecewa dan mengutuk keras tindakan Mahyeldi karena mengabaikan dan tidak peduli dengan ribuan masyarakat Air Bangis yang demo selama lima hari di Padang.

Bahkan saat itu aparat juga diketahui menangkap masyarakat, aktivis, bahkan pendamping hukum masyarakat.

Pihak UIN Sjech Djamil Djambek Merasa Malu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat