androidvodic.com

2 Pelaku Penipuan Bermodus Hipnotis di Serang Diamankan, Korban Rugi Hampir Rp70 Juta - News

News - Pria berinisial RS (47) dan AR (41) diamankan anggota Satreskrim Polresta Serang Kota, Banten atas kasus penipuan dengan modus hipnotis.

Dua orang tersebut berhasil membawa kabur uang korbannya.

Tak tanggung, kerugian korban mencapai Rp69 juta.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Humas Polresta Serang Kota, AKP Iwan Sumantri.

"Korban secara tak sadar menyerahkan uang total kerugian sebesar Rp 69 juta," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, kasus itu terbongkar berdasarkan laporan dari korban hipnotis pada 24 Juni 2023.

Baca juga: Marak Aksi Hipnotis di Malang, Pelaku WNA Berwajah Timur Tengah, Modusnya Pura-pura Tukar Uang

Saat itu korban yang merupakan warga Sukabumi, Jawa Barat tekena hipnotis di depan kantor Bank BRI Benggala, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Iwan menjelaskan, para pelaku berjumlah empat orang, terdiri dari tiga pria dan satu wanita. Masing-masing pelaku memiliki peran yang berbeda.

"Satu pelaku yang mengaku sebagai warga Malaysia awalnya berpura-pura menanyakan arah jalan ke Banten Lama pada korban," ujarnya.

Disaat bersamaan, lanjut Iwan, pelaku juga meminta tolong untuk menukarkan uang asing kepada korban.

"Setelah itu pelaku mengajak korban untuk ikut ke dalam mobil milik pelaku untuk ke Bank agar korban mengambil uangnya," ujarnya.

Di Bank BRI Benggala, lanjut Iwan, pelaku lainnya berpura-pura sebagai petugas bank dan merayu korban agar menukarkan uang yang diambil di bank sebesar Rp 20 juta dengan uang asing milik pelaku.

Menurut Iwan, pelaku juga meminta sejumlah barang berharga milik pelaku untuk mengganti tukaran uang yang dinilai masih kurang dengan nominal uang asing.

"Uang Rp20 juta itu kemudian ditukar dengan dollar milik pelaku, dan kekurangannya ditukar dengan Cincin Emas 7 gram, kalung emas putih 14.4 gram dan liontin emas putih 10 gram," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat